BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BABINSA JETIS DIM 0734/YOGYAKARTA IKUTI PEMBERANTASAN NYAMUK
BABINSA JETIS DIM 0734/YOGYAKARTA IKUTI PEMBERANTASAN NYAMUK

BABINSA JETIS DIM 0734/YOGYAKARTA IKUTI PEMBERANTASAN NYAMUK

Babinsa Kelurahan Jetis Kopka Gunadi Koramil 01/Jetis Dim 0734/Yka bersama petugas Puskesmas, mengadakan pembersihan jentik berkala yang bertempat di kelurahan Blunyah, kecamatan Jetis. (21/09).

Sebelum kegiatan ini petugas Puskesmas menyampaikan kepada warga, agar melakukan pengawasan/pemantauan jentik di wilayahnya (self jumantik) dengan tehnik dasar minimal 3M Plus, yaitu Pertama Menutup, adalah memberi tutup yang rapat pada tempat penampung air seperti bak mandi, kendi, toren air, botol air minum dan lain sebagainya.
Kedua dengan Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti kolam renang, bak mandi, ember air, tempat air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Ketiga adalah Mengubur, yaitu memendam di dalam tanah untuk sampah atau benda yang tidak berguna yang memiliki potensi untuk sarang / bertelur nyamuk. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Kelurahan Blunyah yang bersih dan terhindar dari penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk.

Warga setempat merespon baik kegiatan ini, harapannya kegiatan ini nanti akan memberikan dampak baik, khususnya bagi kesehatan warga sekitar. Nyamuk bisa menyebabkan demam berdarah yang bisa saja mengancam siapapun.

Kopka Gunadi, Babinsa Koramil 01/Jetis juga menghimbau seluruh peserta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) masal untuk memeriksa tempat-tempat penampungan air di rumah-rumah warga apakah ada jentik nyamuknya atau tidak dan melaporkan hasil pemeriksaannya kepada pihak Puskesmas Kec. Jetis. Penyakit demam berdarah sudah menjadi masalah nasional karena jumlah penderita dan kematian yang diakibatkannya cukup tinggi, sehingga menimbulkan keresahan masyarakat khususnya warga Kecamatan Jetis. Seluruh wilayah mempunyai risiko terjangkit penyakit demam berdarah dengue, namun tempat yang potensial bagi penyebaran penyakit adalah desa rawan dan tempat umum, dan perlu adanya suatu penanganan yang serius untuk mengantisipasi merebaknya kasus demam berdarah ini di wilayah yaitu dengan melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk masal ini Kegiatan PSN masal ini akan diadakan bergilir tiap minggu di Desa seluruh wilayah Kecamatan Jetis. Acara dilanjutkan seluruh peserta terjun kelapangan langsung/kedesa untuk mengecek kebersihan rumah warga kemungkinan adanya sarang nyamuk/jentik nyamuk DB dan untuk sementara hasilnya bersih dari jentik.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer