BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Kalangbancar Komsos Dengan Peternak Lele
Babinsa Kalangbancar Komsos Dengan Peternak Lele

Babinsa Kalangbancar Komsos Dengan Peternak Lele

GROBOGAN-Babinsa Koramil 0717/09 Gundih Koptu Muh. Aminudin melaksanakan Komsos dengan peternak lele Bpk. Saprudin(31) Poktan Mugi Rahayu Dsn. Kalang, Ds. Kalangbancar, Kec. Geyer, Kab. Grobogan, Rabu (12/9)

Dinas perikanan Kab. Grobogan memberikan kepada Poktan Mugi Rahayu kolam yang terbuat dari terpal dan kerangka besi sebanyak 10 set hal ini menunjukan bahwa Dinas Perikanan mendukung pembudidayaan ikan lele dengan sistim bioflok. Sistim ini dinilai jauh lebih menguntungkan karena dapat menghasilkan lele hingga 10 kali lipat dari budidaya biasa.

Babinsa Koptu Muh. Aminudin mengatakan, “Sirkulasi air di wilayah binaanya yaitu Ds. Kalangbancar sangat bagus mendapat aliran dari waduk Kedung Ombo yang selama ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk ternak ikan nila, kali ini masyarakat ingin mecoba budidaya ikan lele, karena komoditi ini masih sangat menguntungkan di daerah Grobogan,” ujarnya.

Bpk. Saprudin(31) mengatakan, sistem bioflok tidak diperlukan lahan kolam yang luas untuk budidaya lele. Cukup kolam buatan menggunakan bahan terpal dengan rangka bambu atau besi. Namun, dengan kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin airator yang memasok sirkulasi oksigen dalam kolam, tuturnya .

“Sistem bioflok, mampu mendongkrak produktivitas karena dalam kolam yang sempit dan waktu yang relatif singkat dapat diproduksi ikan lele yang berlipat kali lebih banyak, sehingga biaya produksi berkurang dibandingkan dengan budidaya secara konvensional,” pungkas Saprudin.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer