BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Kodim 0728/Wonogiri Ikuti Pelatihan Kader Pertanian
Babinsa Kodim 0728/Wonogiri Ikuti Pelatihan Kader Pertanian

Babinsa Kodim 0728/Wonogiri Ikuti Pelatihan Kader Pertanian

Bertempat di Kantor PPL Kec. Wonogiri Senin (9/2) berlangsung Pelatihan kader pertanian yang direncanakan selama 4 hari (9-12 Pebruari), untuk hari ke-1 yang diikuti Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0728/Wonogiri sebanyak 213 orang, sebelum kegiatan diruangan bertempat dihalaman Kantor PPL Kec. Wonogiri diawali pengarahan oleh Kadis Pertanian Kab. Wonogiri Safuan yang didampingi Kapten Inf Tono (Pasiter) menyampaikan dihadapan para Babinsa, bahwa di wilayah Kabupaten Wonogiri 25 Kecamatan sudah ada 19 kantor balai pertanian, kemudian di Kabupaten Wonogiri terdapat lahan kering sebesar 70 % dan lahan pertanian hanya 30 %.

Untuk perubahan areal sangat susah dihadapkan kondisi lahan diwilayah Kabupaten Wonogiri panen padi hanya menghasilkan 5,5 ton/Hektar, kemudian para Babinsa dalam membimbing para petani selalu koordinasi dengan para Penyuluh Perttanian Lapangan (PPL) di Kecamatan, perhatikan dalam pertanian :

1. Bibit unggul Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale).

2. Pupuk organik (tumbuh-tumbuhan dan kotoran hewan) serta perlunya pengawasan dalam pendistribusian pupuk.

3. Irigasi untuk meningkatkan ketahanan pangan (Pajale) mengunakan irigasi tersier, untuk wonogiri mendapat 40 titik perbaikan/pembangunan irigasi tersier diharapkan untuk meningkatkan indek pertanaman,

4. Alsintan (Alat Mesin Pertanian) di Jawa Tengah mendapatkan 814 Hand tractor, kemudian sukses Pajale melalui peran PPL dan Babinsa (kerjasamanya) dan bilamana ada serangan hama PPL dan Babinsa segera melaporkan ke Dinas Pertanian. Kemudian materi – materi tehnis agenda dari Kodam IV/Diponegoro tentang pengolahan tanah dengan pupuk organik dan non organik serta praktek lapangan.

Dilanjutkan pengarahan Kapten Inf Sumadi (Danramil-01/Wonogiri) bertempat diruang PPL Kec. Wonogiri menyampaikan hasil penataran bersama Bati Wanwil dan 2 orang Babinsa dari Kodim 0728/Wonogiri di Yokav-2/Tarik diantaranya :

A. Tugas Pokok Babinsa dalam satuan :

1.  Mengikuti perkembangan dalam kehidupan masyarakat yang mencakup IPOLEKSOSBUDKAM.

2. Melakukan penginderaan terhadap setiap perubahan dan perkembangan dalam masyarakat agar dapat diketahui dan dikenal secara dini.

3. Melakukan Bin Ratih sebagai uapaya bela Negara dalam rangka dalam rangka penyelenggaraan Sishanta.

4. Mampu menterjemahkan program pembangunan daerahdengan bahasa yang sederhana serta menggugah keinginan dan keikutsertaan masyarakat dalam bidang pembangunan.

B. Tugas Babinsa dalam (UPSUS) Bersama PPL :

1. Melakukan sosialisasi tatacara tanam, pembuatan pupuk organik, dll.

2. Melakukan pendampingan GAPOKTAN dalam penerimaan bibit, pukuk dan Alsintan.

3. Melakukan pendampingan GAPOKTAN dalam dalam bibit, pukuk dan Alsintan yang benar.  4.  Melakukan pendampingan pemeliharaan Alsintan. 5. Melakukan pendampingan pasca panen.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer