BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Kodim Sragen Diperkenalkan dengan Mesin Tanamricetransplanter
Babinsa Kodim Sragen Diperkenalkan  dengan Mesin Tanamricetransplanter

Babinsa Kodim Sragen Diperkenalkan dengan Mesin Tanamricetransplanter

Bertempat  di  Aula  kantor  dinas  pertanian  Sragen  (  28/8  )  44  Babinsa  Kodim 0725/Sragen  mengikuti  pelatihan  dan  penataran  dari  Bp.  Sugiyanto  (DinasPertanian) Kab. Sragen tentang mesin tanam padi ( Rice Transplanter ).

Dalam  kesempatan  tersebut  Bp.  Sugiyanto  menyampaikan  bahwa  bibit  padi  siapditanam  minimal  umur  bibit  12  –  18  hari,  Penggunaan  mesin  rice  transplantermempercepat  pertumbuhan  bibit  padi  karena  tidak  mengalami  stress.

Pada penanaman  konvensional  padi  yang  dicabut  akan  stress  dan  untuk  pulihmemerlukan waktu seminggu.  Bibit  yang dicabut akar-akarnya akan tertinggal  dilahan persemaian kira-kira bisa mencapai 40 persennya. Jadi ada 40 persen bibityang hilang. Hal ini tentu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Para  petani  juga  bisa  membuktikan  menggunakan  mesin  ini  juga  dapatmemperpendek  masa  budidaya  padi. keberhasilan  penggunaan  rice  transplanterb harus didukung dengan penyiapan bibit padi yang baik.

Dalam hal ini ada dua sistempengadaan bibit,  yaitu  sistem basah (di  lahan)  dan sistem kering  (dalam kotak). Untuk itu harus disiapkan benih yang baik, ditandai dengan daya tumbuh yang tinggidan benih yang tumbuh merata, serta ukuran persemaian yang disesuaikan denganukuran meja bibit pada rice transplanter, yaitu 28 x 58 cm. Harus diperhatikan juga kerapatan dan keseragaman bibit sehingga pada proses penanaman semua bibit bisatertanam dengan baik.Pelatihan yang dilaksanakan selama ini merupakan salah satu bekal bagi seorang Babinsa  sebelum mereka  diterjunkan menjadi  pendamping petani,  mereka  harusmampu sehingga dalam pelaksanaan tugas di lapangan mereka dapat menjelaskankepada para petani menuju petani yang modern, agar tujuan program pemerintahtentang swasembada pangan nasional dapat terwujud

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer