BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 02/Jati Lakukan Kegiatan Pendampingan Pertanian
Babinsa Koramil 02/Jati Lakukan Kegiatan Pendampingan Pertanian

Babinsa Koramil 02/Jati Lakukan Kegiatan Pendampingan Pertanian

Babinsa Koramil 02/Jati Kodim 0722/Kudus Serda Slamet bersama dengan Bapak Suyanto selaku PPL (petugas penyuluh lapangan) Kecamatan Jati melaksanakan kegiatan tugas pendampingan pertanian di Kelompok Tani Sigorok Desa Jati Kulon Kec. Jati Kab. Kudus.

Desa Jati Kulon ini termasuk wilayah bagian barat Kec. Jati yang merupakan daerah dataran rendah sebagai mana desa-desa lainnya di Kec. Jati. Sebagian wilayahnya terhampar lahan pertanian dengan ketersediaan air yang melimpah sepanjang tahun, sehingga produktivitas padi di daerah Jati Kulon ini terbilang tinggi.

Para Babinsa dan PPL secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian kepada para petani penggarap untuk meningkatkan produksi padi.

Menurut petugas penyuluh lapangan, Kebanyakan para petani masih menggunakan cara atau sistem yang lama yaitu menanam padi dengan jarak yang terlalu rapat, dengan alasan agar bibit yang ditanam menjadi lebih banyak, pada hal-hal itu justru akan mengurangi pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi, karena sinar matahari akan sangat sulit menembus ke sela-sela tanaman.

Berbeda dengan cara menanam dengan jarak yang diatur tidak terlalu rapat, selain bertujuan agar sinar matahari bias menembus kesela-selatan aman juga diharapkan anak tanaman padi akan lebih banyak serta perkembangan tanaman padi menjadi lebih baik. Disamping itu juga akan lebih menghemat bibit padi serta menghemat tenaga dan waktu penanaman. Hal ini tentu akan bias meningkatkan produktivitas panen untuk mencapai swasembada pangan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer