BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 03/Parakan Bantu Petani Panen Lebih Awal Karena Tanaman Padi Roboh
Babinsa Koramil 03/Parakan Bantu Petani Panen Lebih Awal Karena Tanaman Padi Roboh

Babinsa Koramil 03/Parakan Bantu Petani Panen Lebih Awal Karena Tanaman Padi Roboh

PARAKAN.com Serda Kasmuin Babinsa Koramil 03/Parakan membantu bapak Jumino panen padi padi lebih awal karena tanaman padi roboh Selasa (14/2)

Sawah seluas 0,2 hektare, pola tanam jajar legowo 4:1 jenis padi ciherang, milik bapak Jumino, Poktan Wanita Tani, Desa Mandi sari, kecamatan Parakan terpaksa dipanen lebih awal dikarenakan kondisi padi yang roboh diterpa hujan deras dan angin beberapa waktu lalu.

Panen kali ini lebih awal dikarenakan roboh diterpa angin dan hujan hari minggu dan senin kemarin. Meskipun panen lebih awal tetapi kualitas padi yang dipanen tidak mengalami masalah,” ujar Jumino pemilik sawah saat sedang memanen padi.

Serda Kasmuin babinsa Koramil 03/Parakan mengatakan panen yang lebih awal kali akan mengakibatkan kerugian secara kuantitas bila dibandingkan panen padi yang dilakukan tepat pada waktunya. Biasanya 7,5 (kg) s.d 8 (kg) per ubin gabah kering panen (GKP) bila di panen tepat pada waktunya. Namun kondisi sekarang panen lebih awal setelah di ubin menjadi 7 (kg) per ubin.

Meskipun mengalami kerugian karena panen lebih awal, tidak membuat Jumino sedih atau kecewa, karena menurutnya kondisi padi yang seperti ini yang justru diburu oleh para bandar beras. Pasalnya biasanya dengan kondisi padi yang tidak terlalu tua akan memudahkan proses penggilingan dan akan matang dengan sendirinya ditempat penyimpanan beras.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer