BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 03/Parakan Bersama PPL Melaksanakan Pengubinan
Babinsa Koramil 03/Parakan Bersama PPL Melaksanakan Pengubinan

Babinsa Koramil 03/Parakan Bersama PPL Melaksanakan Pengubinan

PARAKAN.com Serda Masud Junaidi babinsa Koramil 03/Parakan bersama PPL melaksanakan pengubinan padi disawah milik Sabari seluas 0,3 hektare, Gapoktan Barokah, desa Glansari, kecamatan Parakan (1/2).

Babinsa Koramil 03/Parakan Serda Masud Juaidi bersama PPL melaksanakan pengubinan untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian padi sawah. Dengan alat ukur pengubinan juga harus disiapkan, alat berupa besi,besi yang dirangkaikan satu sama lain ukuran luasnya 2,5 m2, beserta alat timbangnya. Kemudian buku panduan BPS untuk mencari random kotak ubinan yang akan di ambil sebagai sample perhitungannya.

Dalam pengubinan ini bahwa potensi panen yang diperkirakan dari hasil ubinan dilokasi petani tersebut diperoleh data 4750 grm untuk luasan 2,5 m x 2,5 m dengan sistem tanam jajar legowo 4:1, maka prediksi hasil panen yang diperoleh adalah : 1 ha / luasan pengubinanan diperoleh angkan 16, kemudian angka faktor ini dikaliakan dengan hasil pengubinan dalam satuan kg, sehingga dari data tersebut dapat di prediksi hasil penen gabah petani tersebeut adalah ( 4,75 kg x 16 = 76 kwintal.

Setelah di laksanakan pengubinan ”PPL mengatakan untuk perkiraan panen padi seluas 0,3 hetare sawah milik sabari di dapat hasil 4,75 kg x 0,3 ha/luasan pengubinan di peroleh angka 4,8 sehingga di predikasi hasil panen panen seluas 0,3 ha =(4,75 kg x 4,8 = 22.8 Kwintal.

Dengan tehnik pengubinan ini Babinsa Koramil 03/Parakan dapat memperkirakan serapan gabah yang ada di wilayah setelah memasuki musin panen tiba.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer