BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 03/Parakan Mengikuti Gladi Posko Penanggulangan Bencana Alam
Babinsa Koramil 03/Parakan Mengikuti Gladi Posko Penanggulangan Bencana Alam

Babinsa Koramil 03/Parakan Mengikuti Gladi Posko Penanggulangan Bencana Alam

PARAKAN.Com BPBD Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten temanggung mengelar gladi posko tingkat satuan gabungan di lapangan Bansari, Kecamatan Bansari di ikuti oleh Babinsa Koramil 03/Parakan Dim 0706/Temanggung selasa (25/10).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala BPBD Agus Widodo. kegiatan sesuai program tahun 2016 tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi personil gabungan kabupaten temanggung satuan dalam penanganan darurat bencana gempa bumi dan tanah longsor maupun Gunung meletus diharapkan dengan adanya geladi ini dapat membuat tim gabungan selalu siap dan cepat dalam merespon penanganan bencana.

Pelatihan ini dilaksanakan satu hari di mulai dengan simulasi gunung sundoro meletus melanda kecamatan Bansari. Pemerintah Kabupaten Temanggung menetapkan status Tanggap Darurat Penanganan Bencana dengan membentuk Posko Tanggap Darurat di Pusdalops BPBD Temanggung. Upaya penanganan korban dilakukan personil dari Tim SAR, Polres, Kodim 0706/Temanggung, PMI, RSUD, Dinkes dibawah komando Posko Tanggap Darurat yang di dalamnya tergabung unsur BPBD, TNI/Polri, Unsur Pengarah dan Unsur pimpinan daerah.

Penanganan korban dilakukan di pos pengungsian yang disepakati antara lain di lapangan Bansari, dengan menghitung dan mendata jumlah pengungsi, korban luka, korban meninggal dan korban hilang. Penanganan pengungsian dengan berkoordinasi ke BPBD Temanggung, BNPB, SKPD teknisi, dengan pembiayaan bersama antara dana dari kegiatan Posko Tanggap Darurat dengan BNPB dan BPBD Temanggung Masa tanggap darurat yang ditetapkan selanjutnya melaksanakan upaya evakuasi (penyisiran TKP) dan langkah-langkah penanganan pengungsi, serta upaya Recovery awal atas kerusakan infrastruktur.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer