BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 04/Tempel Sambangi Lumbung Padi Desa Mororejo
Babinsa Koramil 04/Tempel Sambangi Lumbung Padi Desa Mororejo

Babinsa Koramil 04/Tempel Sambangi Lumbung Padi Desa Mororejo

Sabtu (3/9). Lumbung Desa disebut juga Lumbung padi dan ada yang mengatakan lumbung paceklik adalah merupakan solusi bagi para petani. Budaya ini sudah terbentuk sejak jaman pendahulu kita namun saat ini sudah mulai luntur, jarang sekali para petani dan pemerintah Desa memikirkan pentingnya Lumbung Desa sebagai cadangan pangan saat paceklik.

Lumbung Desa selain berfungsi sebagai cadangan pangan saat paceklik juga mempunyai nilai-nilai kegotongroyongan yang tinggi. Para petani sadar betul bahwa hidup ini harus dibangun berwawasan hari esok sehingga mereka akan mempunyai jiwa menabung walaupun hanya berbentuk padi atau Gabah namun didalamnya mempunyai nilai hidup hemat.

Seiring dengan program pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Serda Hartono sebagai Babinsa Mororejo yang selalu aktif dalam giat Upsus juga mengecek adanya Lumbung Desa Sumber Makmur yang sampai saat ini masih berfungsi dan berjalan dengan baik , dan disampaikan kepada para pengurus Lumbung mari kita galakkan kembali fungsi Lumbung dan warga masyarakat kita himbau untuk memanfaatkan nya. Pada saat pengecekan Lumbung tersebut terisi Gabah 3,5 Ton.

Bapak Sutejo SE selaku Sekdes Mororejo mengatakan bahwa gabah ini didapatkan dari para petani yang menyisihkan dijual disini dan nantinya bila harga pangan mahal warga masyarakat bisa membeli lagi dengan harga yang telah disepakati dan murah.
Juga disampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Serda Hartono selaku Babinsa yang telah menyempatkan waktu untuk mengecek Lumbung Pangan Sumber Makmur dan memberi motivasi untuk menghidupkan kembali Lumbung pangan yang ada di pedesaan.

Tentunya dengan keberadaan Lumbung tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, warga masyarakat sebagai petani harus bisa melestarikan budaya iini , dengan harapan kebutuhan pangan tercukupi dan hidup bergotong royong pun tidak luntur , demikian ungkap Serda Hartono.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer