BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 05/Karanggayam Bagikan Air Bersih Bagi Masyarakat
Babinsa Koramil 05/Karanggayam Bagikan Air Bersih Bagi Masyarakat

Babinsa Koramil 05/Karanggayam Bagikan Air Bersih Bagi Masyarakat

Dampak dari musim kemarau nampaknya juga dirasakan warga Desa Kalireja Karanggayam yang sudah tiga bulan terakhir ini wilayah Kecamatan Karanggayam kurang mendapat pasokan air bumi, akibatnya warga dan lahan pertanian mengalami kekeringan.

Sertu Sukadi Babinsa Desa Kalireja rupanya merespon keluhan warga akan adanya musim kemarau yang cukup panjang tahun ini, sesuai hasil koordinasi dengan pihak kelurahan dirinya meminta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen agar segera menyalurkan bantuan berupa air bersih bagi warganya. Sukadi juga menghimbau warga binaannya agar selalu menghemat dan mempergunakan untuk keperluan minum dan masak saja, sehingga dapat bertahan hingga droping air berikutnya.

Sukadi mengatakan ada beberapa tahapan upaya yang bisa dilakukan seperti gerakan masyarakat melalui penyuluhan, membangun/rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi, membangun/rehabilitasi/pemeliharaan konservasi lahan dan air, memberikan bantuan sarana produksi (benih dan pupuk, pompa spesifik lokasi), mengembangkan budidaya hemat air dan input (menggunakan metode SRI/PTT).

Selanjutnya untuk mengatasi penyebab klimatologis perlu melakukan penyebaran informasi prakiraan iklim lebih akurat, membuat kalender tanam, menerapkan dan memperhatikan peta rawan kekeringan yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian melalui data interpretasi. Untuk mendapatkan sumber data yang akurat dapat juga diperoleh melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer