BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 06/Kesugihan Bersama Poktan Tirto Wungu Tindak Lanjuti Pengendalian Hama Padi
Babinsa Koramil 06/Kesugihan Bersama Poktan Tirto Wungu Tindak Lanjuti Pengendalian Hama Padi

Babinsa Koramil 06/Kesugihan Bersama Poktan Tirto Wungu Tindak Lanjuti Pengendalian Hama Padi

Cilacap – Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Tirto Wungu 2 Desa Kalisabuk bersama para hi Babinsa Koramil 06/Kesugihan menindak lanjuti sosialisasi “Gerakan Pengendalian Hama Padi” dari Balai Perlindungan Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan dari Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman di Dusun Pringtutul Rt. 02 Rw. 13, Desa Kalisabuk Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.
Sosialisasi ini disampaikan pemateri Arief Pratomo, SP. MP dari Balai Perlindungan Hama Tanaman wilayah Banyumas. Ujar Serma Sukirno Babinsa Koramil 06/Kesugihan, Senin (25/09).
“Dengan mengadakan Sosialisasi pengendalian hama yang akhir-akhir ini banyak memasuki area lahan padi di Desa Pringtutul Kecamatan Kesugihan opininya dari masyarakat setempat. Kegiatan diawali dengan temu tani, sosialisasi tentang kesuburan tanaman, hama tanaman dan motivasi petani di lapangan.
Pengendalian hama dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama pada padi yang berumur baru satu bulan tersebut tidak semakin banyak dan berkembang, karena hama dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi nantinya.” Kata Serma Sukirno.
Arief Pratomo, SP. MP dari Balai Perlindungan Hama Tanaman wilayah Banyumas juga menyampaikan, dengan datangnya hama berupa wereng coklat dan hama lainnya seperti siput serta keong mas merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam, namun dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL yang didampingi Babinsa, permasalahan tersebut akan bisa diatasi dengan upaya penyemprotan atau bentuk pencegahan lainnya. ujarnya
“Kami juga mengharapkan adanya sinergitas antara Babinsa dan PPL di lapangan selalu erat agar dapat menutupi kekurangan satu sama lain, sehingga kerjasama yang terjalin ini dapat menorehkan keberhasilan berupa peningkatan produksi gabah di wilayah Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap,” beber Arief Pratomo.
Lanjut Ia, Penanggulangan hama dari serangga bisa di ditanggulangi dengan cara menanam pohon bunga dipinggiran sawah seperti bunga kenikir,bunga refuji dan lain sebagainya dengan jenis bunga yang mengandung serbuk madu yang bisa memancing serangga serangga dan para petani, kita jangan tergantung kepada pekstisida kimia tapi sebisa mungkin dengan pekstisida organik,” terangnya. Kami akan mefasilitasi cara membuata pupuk organik maupun pekstisida organik, bila ada yang memerlukan saya juga berpesan tanaman padi setelah disemprot dengan pekstisida diharapkan dipupuk lagi,karena tanaman yang sedang sakit atau diserang hama setelah disemprot membutuhkan nutrisi lagi untuk memulihkan.” Tandas
Arief Pratomo.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer