BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 06/Mergangsan Pendampingan Jemur Padi Petani
Babinsa Koramil 06/Mergangsan Pendampingan Jemur Padi Petani

Babinsa Koramil 06/Mergangsan Pendampingan Jemur Padi Petani

Babinsa Koramil 06/Mergangsan Kodim 0734/Yogyakarta Sertu Wanto melakukan pendampingan petani melaksanakan penjemuran padi milik Bapak Mardi Wiyono Poktan Rahayu Santoso (29/8).

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional.

Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan dan penyimpanan. Gabah yang baru habis panen tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah, sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu dikeringkan hingga kadar airnya berkisar tinggal 10%.

Jika gabah tidak segera dikeringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan dihasilkan, ditandai dengan warna beras yang tidak bisa putih. Gabah yang masih basah tidak mempunyai ketahanan simpan. Salah satu permasalahan klasik yang dihadapi petani di Mergangsan adalah lahan untuk menjemur padi, untuk mengantisipasi hal demikian petani menjemur gabah langsung di sawah bekas padi yang telah dipanen, ujar Sertu Wanto,

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer