BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BABINSA KORAMIL 11/KRATON PANTAU WILAYAH ALUN-ALUN SELATAN
BABINSA KORAMIL 11/KRATON PANTAU WILAYAH ALUN-ALUN SELATAN

BABINSA KORAMIL 11/KRATON PANTAU WILAYAH ALUN-ALUN SELATAN

Dalam upaya menjaga keamanan wilayah Babinsa selalu berkoordinasi dengan komponen masyarakat salah satunya dengan komunitas odong-odong yang melakukan usaha di sekeliling alun-alun Selatan Yogyakarta. Komunitas ini berjumlah cukup banyak ada sekitar 50 odong-odong yang berada sektor alun-alun Selatan.

Pada Minggu, 27 Juli 2016 Babinsa Koramil 11/Kraton melaksanakan sambang wilayah didaerah alun-alun Selatan. Di sana terdapat komunitas / pengusaha odong-odong. Odong-odong adalah alat transportasi untuk rekreasi mengitari sepanjang alun-alun.

Dalam kesempatan itu babinsa Patehan Serda Supriyadi mengajak para pengusaha odong-odong untuk memelihara dan menjaga keamanan disekitar alun-alun selatan. Dimulai sejak pukul 17.30 Wib petang hari para pemilik usaha odong-odong sudah mulai berangkat dari rumahnya masing-masing untuk persiapan mangkal di alun-alun. Ada sebagian milik pribadi dan ada yang menjalankan milik orang lain atau milik bosnya. Modal yang dikeluarkan untuk membuat satu odong-odong mencapai sekitar 20 jutaan. Itu sudah termasuk pembelian accu cadangannya.

Masyarakat di Kota Yogyakarta sudah banyak mengenal tentang hiburan sepeda odong-odong ini. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke alun-alun Selatan hanya sekedar ingin menaiki odong-odong tersebut. Sambil menggoes odong-odong diiringi musik rege maupun pop jazz para wisatawan tidak mau melewatkan momen suasana jogja yang indah dimalam hari. Setelah menaiki odong-odong biasanya para wisatawan makan & minum di angkringan yang berada di sekeliling alun-alun.

Dengan memanfaatkan komunitas odong-odong sebagai mitra dalam bertugas diwilayah diharapkan dapat membantu Babinsa dalam melakukan pemantauan wilayah sehingga setiap kejadian yang dapat mengganggu masyarakat disekitar alun-alun selatan Kraton dapat segera diantisipasi secepat mungkin.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer