BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi Upsus Pajale Dan Program Perluasan Uji Coba Asuransi Usaha Tani Padi TH. 2015
Sosialisasi Upsus Pajale Dan Program Perluasan Uji Coba Asuransi Usaha Tani Padi TH. 2015

Sosialisasi Upsus Pajale Dan Program Perluasan Uji Coba Asuransi Usaha Tani Padi TH. 2015

Dalam rangka pelaksanaan program Upaya Khusus (UPSUS) padi, jagung dan kedelai (Pajale) Kamis 10 Desember 2015, Babinsa Kodim 0701/Banyumas mendapatkan sosialisasi Upsus Pajale dari Kementerian Pertanian dan Dispertanbunhut Banyumas serta program perluasan uji coba asuransi usaha tani padi 2015 dari Dispertanbunhut Kab. Banyumas.

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P dalam sambutannya menyampaikan Babinsa bersama PPL dalam melaksanakan pendampingan di desa – desa harus lebih ditingkatkan, baik dalam mengontrol jaringan irigasi, ketersediaan bibit/benih, kemudahan mendapatkan pupuk, pendampingan penyuluhan dan pengawasan pemberian alsintan demi tercapainya swasembada pangan tahun 2017.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Bp Wahyu Budi Saptono menjelaskan bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari Program Presiden yang menargetkan swasembada pangan dalam jangka waktu 3 tahun.  Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita agar mensukseskan program tersebut. Program Pajale ini merupakan program prioritas swasembada pangan tahun 2015 – 2017. Hadir Dari Kementerian Pertanian Bp Wahyu Budi Saptono  (Dirjen PSP Kementan Pusat), Dinpertanbunhut Kab. Banyumas Bp Arif Sukmo Wibowo, ST, MM dan Jasindo Bp Adang N, S. Sos.

Selain itu juga disampaikan tentang program AUTP. AUTP adalah bentuk perhatian pemerintah mendukung swasembada pangan dan keberpihakan pada petani dengan memberikan ganti rugi keuangan kepada petani yang mengalami gagal panen akibat cuaca ekstrim, seperti kekeringan, banjir dan serangan OPT.  ”Jika terjadi gagal panen, maka petani akan segera mendapatkan modal kerja berusahatani dari klaim asuransi untuk digunakan membiayai pertanaman berikutnya,” ujar Bp Wahyu.

AUTP 2015 didasarkan pada Undang-Undang No 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Peraturan Menteri Pertanian No 40 Tahun 2015 tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian, Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan perluasan ujicoba asuransi usahatani padi (AUTP) tahun 2015.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer