BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 13/Ngampilan Memeriksa Penjualan Hewan Qurban di Wilayah Binaannya
Babinsa Koramil 13/Ngampilan Memeriksa Penjualan Hewan Qurban di Wilayah Binaannya

Babinsa Koramil 13/Ngampilan Memeriksa Penjualan Hewan Qurban di Wilayah Binaannya

Untuk mengantisipasi adanya hewan yang tidak layak atau punya penyakit sehingga dari Dinas Kesehatan dan Babinsa melaksanakan pengecekan serta pemeriksaan semua hewan. Seperti yang sedang di periksa di Rt 17 RW 03 Notoprajan di tempat jualan hewan kurban milik Bpk Sigit (5 /09).

Babinsa Kelurahan Notoprajan Koramil 13/Ngampilan Kodim 0734/Yogyakarta Serka Ahmad Sumarna dan Serda Wardiyono bersama Muhammad Yandri, Paramedis Kesehatan Hewan saat memeriksa hewan kurban di pos penjualan Hewan bersama Kec Ngampilan Yogyakarta ikut memeriksa Sejumlah depot hewan kurban mulai bermunculan di wilayah Notoprajan jelang Idul Adha tahun 2016.

Dalam memilih atau membeli hewan qurban dihimbau untuk membeli domba dan sapi yang benar – benar sehat dan sudah memenuhi syariat atau ketentuan Islam. Paramedis Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakkanlaut) Muhammad Yandri, menuturkan, hewan-hewan yang dijual di Pasar Hewan lebih terjamin kesehatannya. “Selain itu, asal- usul hewan juga jelas diketahui. Karena begitu datang ke Pasar, hewan-hewan ini diperiksa performa atau kelayakannya, apakah ada cacat atau apakah sudah cukup umur untuk dijadikan hewan qurban.

Serka Ahmad Sumarna juga menjelaskan, domba-domba kurban dengan kisaran harga mulai Rp 2,3 juta hingga Rp 4 juta itu semuanya berasal dari sejumlah wilayah di luar Jogja “Misalnya hewan di depot datang dari luar Jawa Barat, begitu datang hewan-hewan itu langsung dijual. Sehingga tidak bisa terkontrol oleh dinas atau aparat karena begitu datang langsung di jual dan hendaknya masyarakat harus membeli hewan kurban di pasar hewan agar mendapatkan hewan yang sudah di periksa segala ketentuannya.

Masyarakat kan tahunya Dinas saja yang bertanggungjawab dan kami sengaja meminta para Bpk TNI untuk mendampingi karena sudah paham dengan wilayah binaannya ,” ujarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer