BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Koramil 14 Purwodadi Pendampingan Tanam Kedelai
Babinsa Koramil 14 Purwodadi Pendampingan Tanam Kedelai

Babinsa Koramil 14 Purwodadi Pendampingan Tanam Kedelai

Purworejo. Memasuki masa tanam ketiga (MT III) tahun ini, sebagian besar wilayah kecamatan Purwodadi, kab Purworejo mengalami kendala yang sama, yaitu kurangnya ketersediaan air irigasi.
Saluran air sekunder di wilayah kec. Purwodadi tidak mengalirkan air seperti masa tanam sebelumnya (MT I & MT II). Kondisi alam inilah yang menyebabkan sebagian besar petani di kec. Purwodadi enggan untuk mengolah sawah.
Walaupun ada sawah yang dimanfaatkan untuk bercocoktanam, biasanya disewakan untuk menanam melon ataupun semangka.
Hal ini tentunya tidak sejalan dengan program pemerintah, yaitu untuk MT III petani supaya menanam tanaman selain padi, yaitu jagung, kedelai, kacang tanah atau tanaman palawija lainnya.
Hal ini dimaksudkan karena pada MT III ketersediaan air irigasi tidak mencukupi untuk mengairi tanaman padi.
Babinsa Desa Plandi, Serma Andhie, bersama PPL Desa Plandi, Ibu Rustanti, berusaha mengajak petani supaya mau untuk tetap mengolah sawah pada masa tanam ketiga ini.
Dengan pendekatan kepada ketua poktan Sidomakmur 1, bpk Imam, akhirnya anggota poktan Sidomakmur 1 bersedia mencoba untuk menanam kedelai.
Untuk program tanam kedelai ini poktan Sidomakmur mendapat bantuan bibit kedelai untuk luasan tanam 5 ha.
Danramil 14 Purwodadi, Kapten Inf Bambang Wahyudi mengatakan, supaya para babinsa bekerjasama dengan PPL, terus mendorong petani untuk menanam palawija bagi daerah yang kekurangan air.
Dan supaya babinsa melaksanakan pendampingan kepada petani yang menanam palawija.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer