BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Lakukan Komsos Dengan Petani Rumput Laut
Babinsa Lakukan Komsos Dengan Petani Rumput Laut

Babinsa Lakukan Komsos Dengan Petani Rumput Laut

Jepara – Melimpahnya kekayaan laut di wilayah Karimunjawa menjadi potensi luar biasa bagi para petani rumput laut seakan tidak ada habisnya.

Selain rumput laut, diwilayah Karimunjawa banyak jenis ikan dan terumbu karang serta biota laut lainnya, bisa menjadi penompang utama perekonomian juga menjadi daya tarik wisata yang mampu menyedot wisatawan domestik maupun manca negagara.

Di beberapa daerah wilayah Karimunjawa selain memanfaatkan laut dari potensi ikan tangkap budidaya rumput laut juga dikembangkan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa desa Kemujan Koramil 10/Karimunjawa Serda Somahdun melaksanakan komunikasi Sosial dengan Ibu Rufiatun seorang petani rumput laut yang sedang melakukan pengepulan atau pengeringan di desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, 12/11/2019.

Dalam komsosnya Babinsa Serda Somahdun membahas tentang rumput laut yang menjadi komoditi menjanjikan karena jumlah permintaan melimpah sementara ketersediaan masih terbatas.

Di desa Kemujan sebagian nelayan mengembangkan budidaya rumput laut disamping budidaya ikan, karena budidaya rumput laut terbilang sangat sederhana dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

“Dalam pengelolaan rumput laut menjadi bahan baku telah banyak dilakukan oleh para petani desa kemujan, hasil yang diperoleh sesuai standar perdangan ekspor, “ucap Babinsa.

Sementara itu ditempat berbeda Danramil 10/Karimunjawa Kapten Inf Ngadino mengatakan, agenda yang penting dalam pelaksanaan tugas Babinsa adalah melaksanakan komsos dengan semua elemen masyarakat, karena dinilainya sangat efektif  serta langsung berkomunikasi dan bersentuhan dengan warga masyarakat.

“Dengan kegiatan ini diharapkan untuk bisa saling memberikan informasi dan aspirasi keinginan masyarakat,”pungkas Danramil.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer