BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Magelang Utara Ajak Siswa Hidup Sehat dan Cinta Tanah Air
Babinsa Magelang Utara Ajak Siswa Hidup Sehat dan Cinta Tanah Air

Babinsa Magelang Utara Ajak Siswa Hidup Sehat dan Cinta Tanah Air

MAGELANG – Senin, 28 Januari 2019  para siswa dan guru serta karyawan SD Kedungsari 1 dan SD Kedungsari 5 melaksanakan Upacara Bendera yang sudah diagendakan.

Walaupun area yang sangat terbatas, dengan murid yang begitu banyak, tetapi upacara berlangsung dengan kidmat.
Upacara diikuti sekitar 550 siswa yakni dari kelas satu sampai kelas enam,  beserta guru dan karyawan.

Upacara pagi ini begitu istimewa, karena yang menjadi Pembina Upacara adalah Sersan Kepala Usman Effendi, Babinsa dari Koramil Magelang Utara.

Upacara bendera setiap hari Senin di sekolah bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa ataupun menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme.

Dengan sikap upacara bendera dengan berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.
Jika siswa mampu disiplin dalam mengikuti upacara bendera, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati seluruh peserta upacara akan terasa bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya.

Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir para penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada seluruh siswa untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan siswa.

Dalam upacara ini, Pembina Upacara merupakan Babinsa Koramil Magelang Utara memberikan amanat singkat, yakni rajin belajar, memupuk rasa cinta Tanah Air dan Bangsa kita tidak harus melakukan hal yang besar, tetapi bisa melakukan hal –hal yang sederhana, sebagai contohnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah terutama kamar kecil  atau toilet.

Dengan demikian para siswa juga sudah belajar menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan sehingga suasana sekolah akan nyaman dan pembelajaran pun akan berjalan dengan baik.

Hartini, S.Pd, Kepala SD Kedungsari 1 menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Koramil yang sudah meluangkan waktu untuk turut membina murid – murid SD.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer