BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Mento Ramil 05/Candiroto Pendampingan Verivikasi Pembantu Bidan Desa
Babinsa Mento Ramil 05/Candiroto Pendampingan Verivikasi Pembantu Bidan Desa

Babinsa Mento Ramil 05/Candiroto Pendampingan Verivikasi Pembantu Bidan Desa

Candiroto. Babinsa Desa Mento Koramil 05/Candiroto Dim 0706/Temanggung (Serda Zainal Idris) Melaksanakan Pendampingan Petugas dari Puskesmas Kecamatan Candiroto dalam kegiatan Verivikasi dan uji kelayakan para pembantu Bidan Desa yang berprofesi sebagai penolong ibu melahirkan yang dulunya disebut dengan istilah dukun melahirkan/dukun bayi di Desa Mento,Kec.Candiroto. (Selasa,25/10/16)

Kepala Puskesmas Candiroto dr Dwi Siswandana sebagai ketua rombongan dari Dinas Kesehatan Kec.Candiroto menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan semata-mata untuk melaksanakan pengecekan kondisi nyata di lapangan, terutama para pembantu bidan desa yang selama ini sudah berperan aktif dan bekerja di masyarakat dengan bekal pembekalan dan pelatihan yang cukup . Namun tidak menutup kemungkinan ada yang berperan ganda selain bekerja yang sesuai petunjuk sesuai kapasitasnya. Dari beberapa kejadian di tempat atau daerah lain yang mana selain menolong ibu melahirkan juga ada yang melampaui kapasitasnya dengan berpraktek melayani pasien yang sengaja akan menggugurkan kandungan. Kepala Puskesmas Bpk Dwi Siswandana sangat melarang dan wanti-wanti jangan sampai ada yang merbuat tidak manusiawi seperti contoh yang terjadi pada kasus di beberapa wilayah yang sering di beritakan di media. Tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga Babinsa Serda Zainal idris menyampaikan saran dan arahan baik kepada para Bidan Desa maupun kepada para Pembantunya . Untuk para Bidan disa Babinsa menyampaaikan bahwa Babinsa akan selalu mendukung dan siap membantu kapan saja jika para Bidan Desa membutuhkan bantuan kepada Babinsa. Ditambahkan juga bahwasanya sesuai info yang saya dapatkan para dukun melahirkan ini sudah punya kemampuan yang tidak perlu di ragukan.Terbukti selama saya menjabat Babinsa di Desa ini semua bayi dan Ibu yang ditanganinya semuanya selamat dan belum ada yang mengakibatkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Baik secara Medis dalam penanganan maupun penggunaan alat bantu sudah sesuai yang mereka dapatkan dalam pembekalan Tapi Babinsa juga menyarankan agar dari Dinas sangat perlu mengadakan insepeksi seperti ini biar mengetahui dengan pasti tentang kondisi yang nyata di lapangan,Jelasnya

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer