BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Mergangsan Bantu Petani Bajak Sawah Menggunakan Alat Modern
Babinsa Mergangsan Bantu Petani Bajak Sawah Menggunakan Alat Modern

Babinsa Mergangsan Bantu Petani Bajak Sawah Menggunakan Alat Modern

Dua orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Mergangsan Kodim 0734/Yogyakarta, Sertu Danang dan Sertu Wanto membantu petani membajak sawah di desa binaannya Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta, menggunakan traktor modern pada luas lahan kurang lebih 1 hektare, Rabu (06/11).

Pengolahan menggunakan Traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Pada era dulu petani mengerjakan ini dengan menggunakan hewan seperti sapi/kerbau sebagai penarik bajaknya.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan  lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih menghemat waktu karena lebih cepat pengerjaannya dibanding manual/cangkul atau dengan sapi/kerbau. Disamping itu memudahkan dalam perawatan tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer