BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BABINSA NOTOPRAJAN IKUT MENGAMBIL JIMPITAN SAAT PELAKSANAAN RONDA
BABINSA NOTOPRAJAN IKUT MENGAMBIL JIMPITAN SAAT PELAKSANAAN RONDA

BABINSA NOTOPRAJAN IKUT MENGAMBIL JIMPITAN SAAT PELAKSANAAN RONDA

Ronda adalah kegiatan patrol warga di suatu kampung untuk memastikan bahwa kampung tempat tinggal mereka aman. Ronda biasanya dilakukan oleh warga yang sudah terbagi ke dalam beberapa kelompok (biasanya 7 kelompok, berdasarkan jumlah hari ada 7). Masing-masing kelompok mendapat jatah ronda sekali dalam seminggu. Warga yang ronda berkumpul di gardu jaga, yang dibangun di tempat-tempat strategis agar mudah melakukan pergerakan jika terjadi sesuatu yang genting.

Bapak Purwanto Ketua RW 01 Serangan mengatakan bahwa di Kelurahan Notoprajan, tempat tinggalnya, tepatnya di, Kecamatan Ngampilan, “Patroli” keliling kampung dikemas dengan cara yang berbeda, yaitu dengan nama Jimpitan. Jimpitan adalah kegiatan ronda yang sudah menjadi tradisi warga di Notoprajan khususnya dan Yogyakarta pada umumnya. Jimpitan dilakukan dengan berkumpul di rumah salah satu warga yang menjadi “team” Jimpitan dan ini dilakukan secara bergiliran setiap minggunya. Di wilayah Notoprajan karena Babinsa juga ikut aktif mengambil jimpitan bersama warga, jadi mereka / warga sangat semangat dan merasa aman bersama Bapak TNI.

Serka Ahmad Sumarna sebagai Babinsa juga merasa senang ikut keliling bersama warga. Karena jaman yang semakin maju dan perekonomian warga membaik jimpitan yang dulunya memakai beras, diganti dengan uang, agar mempermudah dalam proses jimpitan itu sendiri. Alasan yang paling sederhana dari jimpitan ini adalah biar uang dari hasil jimpitan tersebut bisa di gunakan sesuai dengan kebutuhan, lain halnya dengan beras yang hanya bisa di masak.

Selain manfaat di atas, cara seperti ini juga sangat efektif untuk mempererat tali silaturohmi antar warga, dan bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghilangkan atau paling tidak meminimalisir konflik antar warga sehingga tercipta lingkungan yang aman dan nyaman, kata Ahmad S.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer