BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa, PPL dan Petani Bandongan Laksanakan Tanam Serentak
Babinsa, PPL dan Petani Bandongan Laksanakan Tanam Serentak

Babinsa, PPL dan Petani Bandongan Laksanakan Tanam Serentak

Kodim 0705/Magelang bersama Dstanbunhut dan BPPKP Kabupaten Magelang dan Kelompok Tani Ngudi Rejeki Dusun Pjangkungan  Desa Gndusari Kecamatan Bandongan melaksanakan gerakan tanam padi secara serentak, Minggu (13/12).  Penanan serentak diupimpin oileh Danramil 03 Bandongan, Kapten Kav Winarto.

Pelaksaan tanam serentak ini merupakan upaya untuk mempercepat pencapaian target luas tanam pada masa tanam Oktober – Maret. Hal itu dilakukan karena masa tanam ini bisa dikatakan terlambat. Secara teori, bulan Oktober kemarin seharusnya para petani sudah harus menanam. Tetapi karena musim hujan yang belum juga tiba, maka masa tanam terpaksa mundur.

Dengan kondisi seperti itu maka untuk mengejar target tanam masa berikutnya (April – September) maka mau tidak mau saat ini harus dilaksanakan tanam. Mengingat musim hujan sudah mulai turun. Dengan tanam serentak ini, untuk masa tanam berikutnya akan tidak terganggu.

Di tempat terpisah, Ir. H. Eko Widi H, Kabid Sumberdaya dan Pengelolaan Hasil Distanbunhut Kabupaten Magelang, menjelaskan bahwa petani di Kabupaten Magelang ini pada masa tanam ini bisa dikatakan sudah kelewat waktunya.

“Seharusnya Oktober petani harus sudah mulai tanam, tapi karena perubahan musim yang mundur maka, musim tanam juga terpaksa mundur” ujar Ir. Eko Widi.

Wartini, Koordinator BPPK Bandongan mengatakan bahwa gerakan tanam ini sangat membantu petani, karena dengan gerakan ini, para petani merasa bangga dan merasa diperhatikan. Selama ini petani sudah merasakan manfaat dari pendampingan PPL dan Babinsa di lapangan. Terlebih lagi para petani sekarang sudah mulai merasakan manfaatnya. Sebelum ditanami padi, lahan terlebih dahulu dilaksanakan pemupukan.

Sebelum dilaksanakan penanaman terlebih dulu dilakukan pemupukan sehingga nantinya tanah akan gembur dan subur. Penanaman padi serentak yang dilaksanakan dilahan milik bapak Sukaeni ini menggunakan system dan metode yang diajarkan oleh PPL.

“Pupuk organik yang sudah kami sebar dan diinjak oleh para penanam akan menjadikan tanah lebih subur, sehingga padi akan tumbuh dengan subur” ujar Sukaeni

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer