BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BABINSA RAMIL 05/SLEMAN HADIRI KOMITE EKONOMI INDUSTRI NASIONAL
BABINSA RAMIL 05/SLEMAN HADIRI KOMITE EKONOMI INDUSTRI NASIONAL

BABINSA RAMIL 05/SLEMAN HADIRI KOMITE EKONOMI INDUSTRI NASIONAL

Sleman – Pemkab Sleman akan menjadi pilot project pelaksanaan program data tunggal pertanian. Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DPPK) Sleman, Widi Sutikno mengemukakan, untuk tahap awal, petugas akan melakukan pendataan terhadap 100 petani sebagai sampel di Desa Pandowoharjo. Rabu (2/11)

Sementara itu Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), menuturkan, sistem data tunggal ini akan menjadi alat untuk menyediakan informasi secara konkret. Di mana isinya berupa profil petani meliputi kepemilikan lahan, ternak, masa tanam, dan hasil panen.

Ketua KEIN mengemukakan, pihak2 yang terkait seperti Dispertan,PPL dan Babinsa sebagai pendamping pertanian harus bekerja sama untuk suksesnya program sistem data tunggal pertanian ini. Sistem ini akan diperbaharui secara berkala. Sehingga data di dalamnya bergerak secara dinamis.

Adapun pembaharuan data dilakukan melalui aplikasi yang bisa diakses pada telepon genggam Android maupun fasilitas BUMDes. Dengan begitu perubahan data pertanian dapat terpantau secara akurat dan terus-menerus.

“Oleh karenanya kami berharap uji coba sistem aplikasi data tunggal dan integrasi logistik pangan mendatang dapat berjalan dengan baik. Sehingga seluruh tujuan penerapannya dapat tercapai dan memberikan feedback positif bagi pembangunan di Kabupaten Sleman.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer