BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Sambirejo Ikut Berantas Sarang Nyamuk
Babinsa Sambirejo Ikut Berantas Sarang Nyamuk

Babinsa Sambirejo Ikut Berantas Sarang Nyamuk

Bertempat di Balai desa Blimbing, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen dilaksanakan kegiatan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) serentak di wilayah Kec. Sambirejo yang dihadiri sekitar 30 orang (06/11). Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Drs. Setiyatno (Sekcam Sambirejo mewakili Camat Sambirejo), Serma Rudi Susanto (Babinsa Koramil 08/Sambirejo mewakili Danramil) beserta 2 Babinsa, Brigadir Mukayadi (Babinkamtibmas mewakili Kapolsek Sambirejo), dr. Sri Herawati (Ka. Puskesmas Kec. Sambirejo) beserta Bidan Desa, Sularno (Kepala Desa Blimbing), para perangkat desa Blimbing, dan seluruh ketua Rt se-desa Blimbing.

Inti Sambutan dari dr. Sri Herawati (Ka. Puskesmas Kec. Sambirejo) bahwa gerakan PSN masal ini adalah gerakan yang dilakukan secara serentak ditiap desa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan angka bebas jentik (AJB) sehingga seluruh masyarakat terbebas dari penyakit demam berdarah; Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus demam berdarah.

Penyakit demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus Dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang terinfeksi; Orang yang kemasukan virus dengue tidak semuanya akan sakit demam berdarah dengue. Ada yang demam ringan yang akan sembuh dengan sendirinya, atau bahkan ada yang sama sekali tanpa gejala sakit. Tetapi semuanya merupakan pembawa virus dengue selama 1 minggu, sehingga dapat menularkan kepada orang lain di berbagai wilayah yang ada nyamuk penularnya; Pemberantasan penyakit demam berdarah dengue pada dasarnya dilakukan sesuai dengan pemberantasan penyakit menular pada umumnya, namun mengingat vaksin untuk mencegah dan obat untuk membasmi virusnya belum ditemukan, maka pemberantasan penyakit demam berdarah dengue dilaksanakan terutama dengan memberantas nyamuk penularnya. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pedoman bagi masyarakat, tokoh masyarakat, petugas kesehatan dan sektor-sektor terkait dalam upaya bersama mencegah dan membatasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue sehingga terjadinya kejadian luar biasa/wabah dapat dicegah dan angka kesakitan dan kematian dapat diturunkan serendah-rendahnya.

Serma Rudi Susanto, Babinsa Koramil 08/Sambirejo menghimbau seluruh peserta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) masal untuk memeriksa tempat-tempat penampungan air di rumah-rumah warga apakah ada jentik nyamuknya atau tidak dan melaporkan hasil pemeriksaannya kepada pihak Puskesmas Kec. Sambirejo. Penyakit demam berdarah sudah menjadi masalah nasional karena jumlah penderita dan kematian yang diakibatkannya cukup tinggi, sehingga menimbulkan keresahan masyarakat khususnya warga Kecamatan Sambirejo. Seluruh wilayah mempunyai risiko terjangkit penyakit demam berdarah dengue, namun tempat yang potensial bagi penyebaran penyakit adalah desa rawan dan tempat umum, dan perlu adanya suatu penanganan yang serius untuk mengantisipasi merebaknya kasus demam berdarah ini di wilayah kecamatan Kec. Sambirejo yaitu dengan melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk masal ini Kegiatan PSN masal ini akan diadakan bergilir tiap minggu di Desa seluruh wilayah Kecamatan Kec. Sambirejo. Acara dilanjutkan seluruh peserta terjun kelapangan langsung/kedesa untuk mengecek kebersihan rumah warga kemungkinan adanya sarang nyamuk/jentik nyamuk DB dan untuk sementara hasilnya bersih dari jentik.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer