BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Sumberejo Bantu Petani Bajak Sawah Dengan Traktor
Babinsa Sumberejo Bantu Petani Bajak Sawah Dengan Traktor

Babinsa Sumberejo Bantu Petani Bajak Sawah Dengan Traktor

Jepara – Membajak sawah adalah suatu kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan pertanian sebelum masa tanam, seperti yang telah dilakukan Serda Yustanto Babinsa Koramil 12/Donorojo Kodim 0719/Jepara yang dengan cekatannya turun kesawah guna membantu Petani (bapak Jumadi) membajak sawah area persawahan dukuh Pendem desa Sumberejo kecamatan Donorojo Jepara dengan menggunakan traktor dengan luas lahan kurang lebih 0,5 hektare, Rabu (28/11/2018).

Kegiatan yang di lakukan oleh Babinsa Sumberejo ini, guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam ke tiga pada tahun 2018 dan LTT (luas tambah tanam), selain mendampingi Gapoktan para Babinsa harus turun langsung membantu petani mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen.

Menurut Serda Yustanto, kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukan menjemur padi atau gabah hasil panen. Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang nganggur, imbuhnya.

“Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani tahun ini akan meningkat, supaya kehidupan petani lebih sejahtera dan untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara nasional,” pungkas Yustanto.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer