BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Umbulmartani Senantiasa Dekat Dengan Petani
Babinsa Umbulmartani Senantiasa Dekat Dengan Petani

Babinsa Umbulmartani Senantiasa Dekat Dengan Petani

(Ngemplak) – Untuk menyerap segala kendala dan permasalahan yang dihadapi para petani di wilayahnya, Sertu Gunarto selaku Babinsa Desa Umbulmartani berusaha meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dan berbincang-bincang dengan petani. Seperti yang dilakukan pada hari ini Kamis, 3 Nopember 2016 Sertu Gunarto mendatangi gubug milik pak Wiyono di bulak persawahan Dsn. Sapen Umbulmartani. Kebetulan yang bersangkutan sedang memupuk tanamannya.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh pak Wiyono bahwa saat ini beliau sedang menanam padi jenis Cibagendit umur ± 1 bulan dengan luas lahan 2.600 m. Namun kendala yang dihadapi saat ini dengan adanya curah hujan yang tinggi menyebabkan hama keong yang memakan batang serta akar padi. Sehingga setiap harinya pak Wiyono bersama istrinya harus bekerja ekstra mencari keong.

Dengan kondisi tersebut Sertu Gunarto sebagai petugas pendampingan Upsus merasa prihatin dan kasihan dengan p Wiyono. Sebab beliau menyadari bahwa petani memang pekerjaan yang berat. Disamping biaya operasinalnya sangat tinggi, hasil panennya kadang-kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu karena harga jualnya yang rendah maupun karena faktor hama seperti yang dialami p Wiyono.

Namun demikian Sertu Gunarto tidak patah semangat, beliau selalu memberikan dorongan kepada setiap petani termasuk pak Wiyono. Agar semangat petani tidak kendor dia memberikan solusi dalam mengurangi biaya operasional, yaitu dengan memanfaatkan bantuan alat pertanian, benih/bibit tanaman maupun pupuk bersubsidi. Petani diajak untuk menggunakan bantuan yang diberikan oleh Dinas Pertanian sehingga kalau terjadi gagal panen kerugiannya tidak terlalu besar, tambah Sertu Gunarto.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer