BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Wedomartani Turut Menjaga Ekosistem Lingkungan Kali Kuning
Babinsa Wedomartani Turut Menjaga Ekosistem Lingkungan Kali Kuning

Babinsa Wedomartani Turut Menjaga Ekosistem Lingkungan Kali Kuning

(Ngemplak) – Guna menjaga kelestarian dan kehidupan ekosistem di bantaran Kali Kuning, Pemerintah Desa Wedomartani bekerja dengan Kasi Trantib Kecamatan Ngemplak, Babinsa dan Babinkamtibmas melaksanakan patroli dan inspeksi mendadak di Kali Kuning, karena disinyalir ada warga yang melakukan penambangan material baik pasir maupun batu secara ilegal.

Kegiatan patroli dan sidak ini dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2016 di sepanjang Dsn. Sempu Wedomartani, hal ini dilakukan untuk menanggapi laporan Kepala Dukuh Sempu yang menyampaikan bahwa di wilayahnya ada penambangan liar yang dilakukan oleh warganya. Tujuan dari pelaksanaan patroli adalah untuk mengingatkan para penambang agar segera menghentikan kegiatannya, karena disamping ilegal, dampak dari penambangan liar sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Disampaikan oleh Babinsa Serda Pandi Asmono bahwa penambangan liar akan menyebabkan kerugian yang sangat besar. Pertama adalah debit air sungai akan hilang bahkan bisa menyebabkan kekeringan, kemudian akibat dari pengerukan yang tidak terkontrol akan menyebabkan longsornya tebing pelindung apabila terjadi banjir. Dan yang tak kalah penting adalah matinya ekosistem hewan air.

Untuk itu Serda Pandi Asmono mengharapkan agar para penambang segera menghentikan kegiatannya karena hal tersebut melanggar Perda. Beliau juga mengajak kepada seluruh warga untuk saling menjaga dan mengingatkan akan kelestarian ekosistem Kali Kuning tetap utuh, sehingga nantinya Kali Kuning dapat bermanfaat sebagaimana mestinya untuk kemakmuran warga di sepanjang bantaran kali, ungkapnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer