BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Widodomartani Pendampingan Upsus Guna Tingkatkan Hasil Panen
Babinsa Widodomartani Pendampingan Upsus Guna Tingkatkan Hasil Panen

Babinsa Widodomartani Pendampingan Upsus Guna Tingkatkan Hasil Panen

(Ngemplak) – Dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan, Serka Hari Purwantoanggota Koramil 07/Ngemplak Kodim 0732/Sleman pada hari Jumat, 11 November 2016 di Dusun Jimat dan Dusun Klancingan melaksanakan program pendampingan Upsus dengan membantu petani dalam pengolahan lahan.

Seperti sudah diketahui bersama bahwa TNI telah membuat MOU dengan Kementrian Pertanian dan Kehutanan dalam rangka merealisasikan ketahanan pangan pada tahun 2017. Serka Hari Purwanto selaku Babinsa Desa Widodomartani dan telah ditunjuk sebagai pendamping program Upsus bersama PPL berusaha untuk menjalankan amanat tersebut secara maksimal.

Sebelum terjun di lapangan Serka Hari Purwanto dibekali ilmu dasar pertanian dari Dinas Pertanian Kab. Sleman. Untuk itu berbekal pengetahuan tersebut Serka Hari Purwanto berusaha memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh anggota Pok Tani untuk menggarap sawahnya dengan tehnik pertanian moderen.

Serka Hari Purwanto menjl,laskan bahwa tujuan dari pertanian moderen adalah untuk menekan biaya operasional, guna mendapatkan hasil pertanian yang maksimal. Seperti yang dilakukan saat ini yaitu pengolahan lahan menggunakan traktor, dari segi waktu dan tenaga lebih hemat jika dibandingkan dengan secara manual menggunkan tenaga sapi atau kerbau. Selain hal tersebut di atas perlu diketahui tehnik dalam pemilihan benih varietas unggulan juga wajib dipertimbangkan.

Disamping dua hal tersebut juga perlu diperhatikan dalam penanaman harus Tajarwo, karena dengan sistem tersebut berdasarkan analisa dilapangan hasil panennya lebih banyak karena anakan batang padi mempunyai ruang lebih lebar. Kemudian kepada para petani Serka Hari Purwanto juga mengharapkan agar mereka rajin belajar dan mengembangkan ilmu pertanian melalui rapat, diskusi antar Poktan maupun melalui media massa.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer