BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Wonorejo Dampingi Petani Perawatan Tanaman Padi
Babinsa Wonorejo Dampingi Petani Perawatan Tanaman Padi

Babinsa Wonorejo Dampingi Petani Perawatan Tanaman Padi

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 04/Karanganyar Sertu Romadi melaksanakan pendampingan perawatan tanaman padi pembersihan rumput diareal persawahan bersama anggota Poktan Sinar Tani Desa Wonorejo Kec. Karanganyar, Rabu (26/06/2019).

Kegiatan ini merupakan upaya khusus mendukung swasembada pangan di desa binaannya. Tak sekadar penyuluhan dan sosialisasi, upsus ini terus digiatkan Kodim 0709/Kbm, bersinergi dengan Dinas Pertanian Kab. Kebumen.

Dengan pelaksanaan pembersihan rumput di lahan persawahan, Sertu Romadi mengutarakan dalam rangka perawatan tanaman padi untuk mensukseskan swasembada pangan yang telah dicanangkan Pemerintah, rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

Pembersihan rumput ini pada padi jenis bibit ciherang, tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

“Mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma agar tanaman padi tumbuh normal,” ungkap Sertu Romadi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer