BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / bali Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kodim Pekalongan Buat Jamban Komunal
bali             Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kodim Pekalongan Buat Jamban Komunal

bali Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kodim Pekalongan Buat Jamban Komunal

Pekalongan –  Bertempat di lapangan bantaran sungai Singkarang Desa Petukangan Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan telah dilaksanakan Apel Karya Bhakti Binter Terpadu Kodim 0710/Pekalongan tahun 2019 dengan sasaran pembuatan Jamban Ipal Komunal.

Dengan mengangkat tema ” Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang,Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh”, apel karya bhakti dipimpin langsung oleh Dandim 0710/Pekalongan dan diikuti kurang lebih 150 orang.

Dijelaskan dijelaskan Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto, tujuan dari pembangunan jamban komunal tersebut adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan merubah pola hidup di masyarakat agar senantiasa hidup bersih.

“ Kegiatan ini adalah rangkaian program Binter Terpadu, dengan membuat jamban IPAL Komunal, dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan ketersediaan jamban ini,”Tandasnya.

Mulyanto (Kades Petukangan) mengatakan, bahwa jamban tersebut rencananya akan di pakai sebanyak 80 KK dari RT 07 dan 08 di Desa Petukangan Kecamatan Wiradesa. Dan diharapkan dengan pembangunan jamban komunal tersebut akan bisa memenuhi kebutuhan mandi cuci kakus (MCK), khususnya yang masih buang air besar sembarangan (BABS).

“ Total ada 80 KK 450 orang warga dari Rt 07 dan Rt 08 yang akan memanfaatkan jamban komunal ini nantinya. Dan diharapkan dengan pembangunan jamban ini, akan bisa menghilangkan kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan bisa menampung limbah dari kedua RT tersebut,”ungkap

Ditambahkan Mulyanto, untuk bisa memenuhi atau menampung pembuangan limbah tinja dari kedua RT tersebut, jamban yang dibangun saat ini mempunyai volume Lebar 7 meter x panjang 10 meter dan dengan kedalaman mencapai 4 meter serta dikerjakan secara gotong-royong antara TNI dan warga.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer