BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Baru Dua Hari Penutupan TMMD Patihan Kodim Sragen Gelar Kembali TMMD Sengkuyung III Plupuh
Baru Dua Hari Penutupan TMMD Patihan Kodim Sragen Gelar Kembali TMMD Sengkuyung III Plupuh

Baru Dua Hari Penutupan TMMD Patihan Kodim Sragen Gelar Kembali TMMD Sengkuyung III Plupuh

Pada Hari Rabu Tanggal 27 September 2017 pukul 09.00 s/d 09.30 Wib bertempat di Lapangan Ds. Sidokerto Kec. Plupuh Kab. Sragen telah dilaksanakan Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap III TA 2017, sebagai Irup dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen) sebagai Danup Kapten Inf Suwandi  (Danramil 18/Kalijambe), dihadiri lk 1000 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), Letkol Arh Camas Sigit Prasetiyo M.MDS (Dandim 0725/Sragen), AKBP Arif Budiman, SIK,MH (Kapolres Sragen), Letkol Inf Muhamad Ary Yudistira SIP (Danyonif Raider 408/Sbh), Kapten CPM Johanes Sigit (Dansubdenpom IV/4-1 Sragen), Kapten Phb Bambang (Pj Kaminvetcad Sragen), Nuruli Mahdilis SH.MH (Ka PN Sragen), Para Pasi,  Danramil jajaran Kodim 0725/Sragen, Kapolsek jajaran Polres Sragen, Drs. Soewarno (Plt Ketua PMI Kab. Sragen), Muspika Kec. Plupuh, Lurah se-Kec. Plupuh dan Tamu undangan.

Dalam amanatnya  Gubenur Jateng yang dibacakan oleh Irup dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan bahwa TMMD tahun ini kembali digulirkan. Perencanaan dan pra kegiatan telah dilakukan, dan hari ini rekan-rekan TNI, birokrasi Pemerintah dan masyarakat secara sinergis akan mengawali pelaksanaan TMMD tahap III tahun 2017. Terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dimulainya kembali TMMD. Karena, pada hakekatnya TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga bagi kita betapa penting dan luar biasanya kinerja kita yang diikat dengan semangat gotong royong. Semuanya ikut turun angan dan turun tangan untuk mendukung perwujudan kesejahteraan rakyat, kemajuan desa dan Indonesia.

Berkat sentuhan TMMD, telah banyak desa yang tingkat kehidupan rakyatnya menjadi lebih baik. Begitupun berkat TMMD, berapa banyak rakyat desa yang makin termotivasi dan percaya diri mendayagunakan setiap potensi yang ada di sekitarnya. Mereka makin terpacu berkreasi dan punya prakarsa untuk ikut terlibat dalam geliat memajukan pembangunan. Jadi, TMMD terbukti telah berkontribusi besar dalam mendukung upaya kita meningkatkan kesejahteraan, mengurangi, kesenjangan, dan menumbuhkan, ketahanan masyarakat atas segala ancaman terhadap keutuhan NKRI.

Karena itu, saya senang TMMD ini mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian RI. Sangat tepat pada saat kita punya tekad dan obsesi mewujudkan Indonesia yang berdaulat atas pangan. Kedaulatan yang ditunjukkan dari kemampuan kita berproduksi pangan guna memenuhi kebutuhan sendiri, serta sekaligus bagaimana kita mampu mewujudkan tingkat kesejahteraan para petani, peternak, nelayan, pekebun pembudidaya ikan menjadi lebih baik. Upaya mensejahterakan rakyat itu jadi fokus pembangunan kita disaat angka kemiskinan di Jateng masih cukup tinggi, yaitu 13,01%. Dan Brebes merupakan salah satu kabupaten di Jateng dengan angka kemiskinan yang masih sangat tinggi pula.

Ini PR kita bersama untuk dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bagaimana mereka terpenuhi secara baik kebutuhan atas pangan, papan dan sandang, serta kesehatan dan pendidikan. Paling tidak kebutuhan dasar terpenuhi, syukur-syukur terpenuhi juga kebutuhan lainnya. Saya yakin seiring kesejahteraan masyarakat yang makin baik, maka berbagai persoalan sosial maupun persoalan kebangsaan kita lainnya dapat makin berkurang intensitasnya.  Ingat, bahwa kemiskinan maupun kesenjangan bisa jadi sumber atas munculnya persoalan-persoalan sosial. Karena terbelit ekonomi, orang bisa melakukan tindak kriminalitas, atau bahkan ikut gerakan-gerakan teroris atau radikalis yang mengiming-imingi dengan materi berlebih. Jadi, sangatlah tepat di setiap kegiatan TMMD selalu berintikan program pengurangan kemiskinan dan kegiatan pembinaan kader bela Negara, pembinaan anti radikalisme dan anti narkoba dan pembinaan-pembinaan sosial lainnya.

Harapan kita, tentu saja rakyat itu makin sejahtera dan mandiri. Pun rakyat juga punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Bahkan mereka mampu menjadi kader yang selalu mengedukasi masyarakat lainnya akan nilai-nilai kebangsaan. Apalagi akhir akhir ini kita menghadapi ujian atas kemajemukan. Begitu pula radikalisme dan terorisme juga masih menjadi bahaya laten di sekitar kita. Termasuk potensi masih munculnya paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. Ini ancaman nyata yang membahayakan keutuhan NKRI.

Bangsa ini harus terus belajar dari sejarah. Dan, bagi saya upaya untuk mengingatkan dan meningkatkan kewaspadaan akan bahaya komunisme, radikalisme, terorisme itu sangat penting. Jangan sampai sejarah kelam yang dialami bangsa kita ini terulang kembali. Pada prinsipnya, mari kita kuatkan semangat gotong royong, dan kita sengkuyung rame-rame pembangunan yang mensejahterakan. Bangun desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Desane maju, rakyatnya sehat, pinter, mandiri dan sejahtera serta punya karakter kebangsaan yang kuat. Sekali lagi maturnuwun dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD. Kita lanjutkan terus karya bhakti dan pengabdian bagi Ibu Pertiwi. Desa maju, Indonesia jaya. Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini.

Sasaran Pokok Talud panjang 654 m, tinggi 1 m, Telford panjang 350 m, lebar 4 m, RTLH 10 unit, Jamban 8 unit sedangkan untuk sasaran Non fisik meliputi penyuluhan Binkamtibmas, Bahaya Narkoba dan Antisipasi giat terorisme, 4 Pilar kebangsaan, Tertib lalu lintas, Peternakan dan perikanan, Sosialisasi pembuatan SIM, Sosialisasi sertifikat tanah, Pertanian dan perkebunan, Kesehatan lingkungan, PKK, Penanggulangan Bencal, Bintal Rohani. Setelah selasai pelaksanaan upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap III TA 2017 dilaksanakan Donor darah dalam rangka rangkaian kegiatan HUT TNI ke 72 tahun 2017.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer