BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bati Bakti TNI Bersama Babinsa Tinjau Sasaran RTLH di Desa Binaan
Bati Bakti TNI Bersama Babinsa Tinjau Sasaran RTLH di Desa Binaan

Bati Bakti TNI Bersama Babinsa Tinjau Sasaran RTLH di Desa Binaan

Bati Bakti TNI Ramil 12/Mlati siap mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Sleman tentang RTLH untuk tahun 2016 yang pelaksanaannya tersebar di wilayah binaan. Bintara tinggi Bakti TNI (Bati Bakti TNI) Koramil 12/Mlati Serma Maryanto, Jumat 19/8 mengungkapkan rumah tidak layak huni(RTLH) adalah suatu hunian atau tempat tinggal yang tidak memenuhi persyaratan untuk hunian baik secara teknis maupun non teknis.

Pada umumnya rumah tidak layak huni erat kaitannya dengan pemukiman kumuh karena pada dasarnya di daerah permukiman kumuh tergambar kemiskinan masyarakat. Kriteria rumah tidak layak huni bila Kondisi rumah. Luas lantai perkapita kota < 4 m2, desa < 10 m2, Sumber air tidak sehat, akses memperoleh air bersih terbatas dan tidak mempunyai akses mandi, cuci dan kakus. Serta bahan bangunan tidak permanen atau atap/dinding dari bambu, rumbia sehingga tidak memiliki pencahayaan matahari dan ventilasi udara. Tidak memiliki pembagian ruangan lantai dari tanah dan rumah lembab, letak rumah tidak teratur dan berdempetan. Di tinjau dari kondisi lingkungan diantaranya terletak di lingkungan kumuh dan becek. Saluran pembuangan air tidak memenuhi standar serta jalan setapak tidak teratur.

Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni merespon kondisi fakir miskin yang dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan rumah layak huni, melalui Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH). RS-RTLH dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan rumah layak huni sebagai unsur kesejahteraan sosial.

Kegiatan RS-RTLH tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengatasi sebagian masalah kemiskinan, tersedianya rumah yang layak huni, adanya kenyamanan bertempat tinggal, meningkatnya kemampuan keluarga dalam melaksanakan peran dan fungsi keluarga untuk memberikan perlindungan, bimbingan dan pendidikan, meningkatnya kualitas kesehatan lingkungan permukiman dan meningkatnya harkat dan martabat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer