BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BATI BHAKTI TNI KORAMIL 09/MANTRIJERON TANAM CABE SECARA TUMPANG SARI
BATI BHAKTI TNI KORAMIL 09/MANTRIJERON TANAM CABE SECARA TUMPANG SARI

BATI BHAKTI TNI KORAMIL 09/MANTRIJERON TANAM CABE SECARA TUMPANG SARI

Lahan yang semakin sempit dan biaya produksi yang semakin meningkat memaksa kita untuk berinovasi agar penghasilan dalam bercocok tanam agar mampu untuk memenuhi kehidupan hidup yang semakin hari terus bertambah. Tapi dengan seiring berjalanya perkembangan jaman pola tanam tumpang sari mulai ditinggalkan, tapi sekarang ini mengingat persedian lahan pertanian yang semakin hari terus menyempit pola tanam tumpang sari ini kembali digemari.

Pada hari Minggu 22 Januari 2017, disela-sela waktu melaksanakan dinas Serma Warjiman jabatan Bati Bhakti TNI Koramil 09/Mantrijeron Kodim 0734/Yogyakarta menanam cabe rawit dengan cara tumpang sari, yaitu mencampur dengan menanam cabe rawit dan kacang panjang. Kegiatan ini juga untuk mendukung percepatan swasembada pangan dan menyeimbangkan harga cabe rawit. “Tanda Serma Warjiman”.

Serma Warjiman juga menjelasakan bagaimana persiapan-persiapan yang harus disiapkan. Serma Warjiman menuturkan persiapan lahan dapat dilakukan dengan mencangkul/ dibajak, setelah itu lahan ditaburi dengan pupuk kandang, kapur dolomik dan pupuk SP 36, setelah ditabur merata lahan dicangkul kembali agar tercampur secara merata. Lebih baik lagi kalau lahan ditutup dengan plastik polybek. ( plastik mulsa) tujuanya rumput tidak tumbuh dan kelembaban tambah terjaga.

Keuntungan sistem Tanam Tumpang Sari yaitu, Kita lebih untung karena dengan 2 tanaman atau lebih bisa menutup pengeluaran, karena penggunaan pupuk yang sama bisa diserap tanaman yag berbeda ( menghemat pengeluaran pupuk). Dapat menghalau hama karena dengan tanaman tertentu hama tidak mau menyerang. Tanaman tumpang sari sangat cocok pada lahan yang tidak begitu luas, hal ini karena beberapa tanaman dapat ditanam di satu lahan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer