BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BELA NEGARA MENDIDIK CALON PEMIMPIN MASA DEPAN BANGSA INDONESIA YANG CINTA TANAH AIR, BANGSA DAN NEGARA SERTA BERDISIPLIN
BELA NEGARA MENDIDIK CALON PEMIMPIN MASA DEPAN BANGSA INDONESIA YANG CINTA TANAH AIR, BANGSA DAN NEGARA SERTA BERDISIPLIN

BELA NEGARA MENDIDIK CALON PEMIMPIN MASA DEPAN BANGSA INDONESIA YANG CINTA TANAH AIR, BANGSA DAN NEGARA SERTA BERDISIPLIN

Hal tersebut yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., M.M. dalam jumpa persnya pada Upacara Pembukaan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan siswa-siswi SMK 75-1 Purwokerto, Kamis (10/3) di Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto Sokaraja Banyumas.

Dikatakan bahwa bagaimana menanamkan rasa cinta tanah air, rasa bangga terhadap bangsanya, dan rasa bangga dia pelajar SMK 75-1 Purwokerto. Kegiatan yang dilaksanakan adalah upaya positif menanamkan nilai-nilai kejuangan, etika dan menanamkan disiplin. Hal ini merupakan bagian dari tanggung kita bersama, karena mereka calon pemimpin 10 tahun kedepan bangsa ini dan bahkan mungkin sebelum 10 tahun mereka sudah menjadi seorang pemimpin.

Karena pada era reformasi seperti sekarang ini mereka bisa mencalonkan kepala daerah dan terpilih maka menjadi seorang pemimpin. Akan tetapi minimal mereka menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.

Pendidikan bela negara yang dilaksanakan ini, menurut Danrem 071/Wk dengan memberikan materi antara lain berupa penanaman rasa disiplin berupa PBB, Wasbang dan kepramukaan serta outbond, dan pada saat akhir kegiatan akan dilaksanakan renungan. “Kegiatan secara fisik telah dilaksanakan dan yang non fisik Hablum Minallah, disitu kita tonjolkan, karena tanpa ada ketentuan Tuhan Yang Maha Esa tidak bisa berbuat apa-apa. Kita ikhtiar secara lahiriah sudah, memberikan latihan kepada mereka, bimbingan pada mereka, supaya nanti mereka lulus dari sekolah ini bisa menjadi pemuda harapan bangsa”, tukasnya.

“Ini wujud nyata, ini bukan militerisasi. Disiplin bukan untuk militer saja, akan tetapi disiplin milik semua makhluk hidup di dunia ini. Karena tanpa disiplin, kita tidak dapat berbuat apa-apa. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian penanaman disiplin supaya nanti kedepan generasi muda menjadi harapan orang tua dan masa depan dia sendiri dan tentunya endingnya adalah untuk kepentingan bangsa dan negara”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Diknas Kab. Banyumas yang diwakili Kepala Dikdasmen Kab. Banyumas menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini akan disebarluaskan dan ditularkan kepada sekolah lainnya yang ada di Banyumas, karena hal ini sangat penting dilaksanakan bagi anak-anak kita agar mereka menjadi pemimpin-pemimpin yang mempunyai karakter.

“Dari awal seharusnya kita berikan sosialisasi dan pendidikan seperti ini kepada mereka, kita harus bangkit karena hal ini untuk memberikan semangat bagi mereka karena mereka sebagai calon pemimpin-pemimpin bangsa ini”, terangnya.

Dikatakan bahwa Kantor Pendidikan Nasional Kab. Banyumas sangat mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan seperti, hal ini untuk melatih, membina dan mendidik rasa cinta tanah air, bangsa dan negaranya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK 75-1 Purwokerto yang diwakili Wakil Kepala Sekolah SMK 75-1 Purwokerto menyampaikan bahwa semenjak dilaksanakan kegiatan pendidikan bela negara ini yang sudah dilaksanakan selama tiga kali ini dari Tahun 2015 yang lalu, anak-anak kami terlihat lebih disiplin dalam berbagai hal. Seperti pada pengalaman-pengalaman sebelumnya, mereka yang lulus menyelesaikan belajarnya dapat diterima bekerja diberbagai perusahaan. Dan ditengok tahun-tahun sebelumnya, ternyata memang demikian adanya karena kedisiplinannya lebih bagus dibanding sebelumnya. “Kami melaksanakan kegiatan ini merupakan program wajib bagi para siswa-siswi SMK 75-1 guna membentuk mereka dengan karakter yang berdisiplin, cinta tanah air, bangsa dan negara”, terangnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer