BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bencana Bisa Menjadi Berkah
Bencana Bisa Menjadi Berkah

Bencana Bisa Menjadi Berkah

Bencana tanah longsor yang terjadi beberapa hari yang lalu di Desa Tlogojati dengan membawa 1 orang korban sudah selesai proses penanganannya.  Dibalik musibah tersebut masih ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan secara  bersama – sama, dengan harapan musibah yang sama tidak terulang lagi.  Untuk itu pemerintah melalui BPBD Propinsi memberikan bantuan berupa pralon dan bibit kepada masyarakat Tlogojati.  (28/1)

Pemberian tersebut diberikan kepada masyarakat didampingi unsur Forkominda Wonosobo.  Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, SE yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kita tidak boleh terlarut dalam musibah bencana.  Musibah tersebut kita jadikan  sebagai sarana pendidikan.  Dengan memperlajari bencana maka resiko jika terjadi bencana lagi tidak menimbulkan korban atau paling tidak korban berkurang.

Dalam rangka upaya tersebut mari kita bersama sama mengajak masyarakat untuk sadar bahwa musibah bisa kita minimalisir, yaitu dengan cara hidup bersabahat dengan alam, kita jaga kelestarian alam, kita tidak boleh merusaknya.  Itu harus dilakukan secara terus menerus kepada masyarakat.  Itu kita mulai dari diri kita sendiri, lingkungan kita maka akan berimbas ke pada yang lain.

Yang menjadi perhatian Dandim adalah bahwa saat ini musibah yang tidak tidak kita sadari akan tetapi korban begitu banyak adalah banyak orang meninggal karena sakit, seperti types, diare dan sebagainya.   Itu disebabkan karena pola hidup kita tidak sehat. Kita masih menjumpai banyak yang BAB sembarangan.   Untuk itu dalam kesempatan kali ini Dandim mengajak masyarakat untuk hidup sehat.  Gunakan pemberian pralon dan bibit tanaman ini digunakan secara maksimal.

Senada dengan Dandim, Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras yang ikut hadir menyampaikan bahwa budaya hidup yang tidak baik bisa dirubah. Memang untuk merubah perlu waktu, kerja keras semua pihak dan dilakukan secara terus menerus.

Pesan yang tidak kalah penting adalah untuk masyarakat Tlogojati mari bersama – sama membangun desa ini,  jangan sampai masyarakat terpecah belah karena beda pilihan, sebab saat ini merupakan tahun politik.  Saat ini yang dibutuhkan adalah budaya tolong menolong dengan mengedepankan persaudaraan.

Marno selaku perwakilan dari BPBD Wonosobo mengingatkan musibah bisa menjadi berkah,  salah satunya adalah dengan musibah bisa menyadarkan manusia untuk hidup sehat, musibah juga kita jadikan sebagai koreksi dan titk balik untuk berbuat yang baik.  Kita tidak boleh terlena dengan musibah. Dengan adanya musibah maka kita bersama – sama membangun desa ini.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk Destana (desa tanggap bencana).  Untuk daerah yang rawan bencana sangat baik jika terbentuk Destana. Karena organisasi ini akan dipelajari bagaimana cara mengatasi agar bisa meminimalisir bencana.  Siapa berbuat apa. Dan bagaimana jika bencana terjadi.  Sehingga bila terjadi bencana akan dengan cepat teratasi.

Kepala Desa Tlogojati Wahyan menyampaikan terika kasih kepada semua yang telah hadir dan memberikan bantuan, dorongan dan semangat untuk kemajuan desa Tlogojati.  Ini sebuah anugrah bagi Desa Tlogojati.  Dengan adanya bencana ini paling tidak membuat masyarakat bisa bidup lebih baik lagi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer