BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Berkat TMMD, Dilakukan Penyuluhan Kearsipan Bagi Perangkat Desa
Berkat TMMD, Dilakukan Penyuluhan Kearsipan Bagi Perangkat Desa

Berkat TMMD, Dilakukan Penyuluhan Kearsipan Bagi Perangkat Desa

CILACAP — Kegiatan non fisik lnajutan, TMMD Reguler ke-97 Kodim Cilacap, dengan menggandeng Badan Kearsipan Daerah Kabupaten Cilacap, digelar pelatihan singkat kearsipan bagi perangkat desa di Desa sasaran, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipari, Selasa (11/10/2016).

Di pelatihan itu diikuti oleh Sekretaris Desa (Sekdes), dan para Kaur serta perangkat Desa Mekarsari. Salah satu pemateri, dari Badan Kearsipan Daerah Cilacap, Sugeng mengemukakan, kegiatan sehari tersebut diberika materi tertulis dan praktek sederhana.

Adapun materi penyuluhan meliputi, pengelolaan arsip dinamis aktif dan arsip inaktif. Sitem kearsipan pola baru tentang pencatatan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan kartu kendali, tata cara pengisian kartu kendali, pemberlakuan kartu kendali, penyimpanan kartu kendali, penggunaan lembar disposisi, pendistribusian surat, penyimpanan surat dan pemberkasannya, kemudian penataan arsip inaktif secara sederhana setelah masa retensi habis.

Lebih lanjut dikemukakan Sugeng, membangun kesadaran terhadap arsip memang tidak mudah. Karena membutuhkan kesabaran dalam penyuluhan, pelatihan khusus terhadap petugas arsip, sosialisasi yang kontinyu, penghargaan yang layak bagi tenaga pengelola arsip, dan ketersediaan anggaran kearsipan serta sarprasnya. ‘’Disamping itu, yang tak kalah penting dan menentukan adalah dukungan dan kebijakan pimpinan terhadap kearsipan, baik di level atas maupun bawah, ‘’ pungkas Sugeng.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer