BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bersih Pantai Karimunjawa, Anggota Koramil Ikut Terlibat
Bersih Pantai Karimunjawa, Anggota Koramil Ikut Terlibat

Bersih Pantai Karimunjawa, Anggota Koramil Ikut Terlibat

Jepara – Wilayah Kecamatan Karimunjawa Jepara sebagian besar merupakan area pesisir pantai, sehingga mudah tercemar sampah. Aktivitas bersih pantai dan laut terus dilakukan dengan melibatkan masyarakat, pelaku usaha, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Pagi ini, Serda Sohmadun dan Praka Bejo Sudanto anggota Koramil 10/Karimunjawa Kodim 0719/Jepara mengikuti acara bersih pantai yang diselenggarakan oleh PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Karimunjawa, Kamis (07/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Karimunjawa Nur Soleh, Kepala PPP Saefus, anggota Pos AL Pelda Supratikno, anggota Polsek Bripka Agus, anggota HPI Jamal, Guru dan murid SMPN 1 Karimunjawa serta warga masyarakat sekitar.

Sekcam Karimunjawa Nur Soleh menyebutkan bahwa aksi bersih pantai dan laut juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran yang lebih luas. Hal itu sangat diperlukan karena tidak mungkin mengandalkan petugas dan aparat pemerintah daerah yang sangat minim.

“Saya sangat mengapresiasi langkah dari Kepala PPP Karimunjawa dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Harapan saya semua pihak dapat ikut terlibat dalam membersihkan sampah di pantai, terutama sampah-sampah plastik yang sangat berbahaya,” jelasnya.

Sementara Serda Sohmadun saat ditemui dilapangan, mengungkapkan bahwa perlu adanya kegiatan bersih pantai di wilayah Karimunjawa. Mengingat Pulau Karimunjawa merupakan salah satu tujuan wisata, baik lokal maupun mancanegara.

“Kalau pantainya bersih dan indah, saya yakin akan lebih dapat menarik wisatawan-wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sohamdun, kebersihan pantai sangat bagus bagi ekosistem ikan yang akan terus bertambah. Hal tersebut akan berdampak pada kesejahteraan nelayan karena ikan yang melimpah. Di sisi lain, kebaradaan sampah plastik justru mengancam manusia jika terurai menjadi mikroplastik dan dikonsumsi ikan.

“Jadi membersihkan sampah plastik itu di pantai Karimunjawa tidak hanya menekan tingkat pencemaran, tetapi juga dalam jangka panjang menambah penghasilan para nelayan,” tandasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer