BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bersihkan Puing Longsoran
Bersihkan Puing Longsoran

Bersihkan Puing Longsoran

Babinsa bersama warga dusun Ngabean rt; 01/07, Tanjunganom Serda Asrodin dibantu Serda Dimyati, Jum’at(6/12). Melaksanakan pembersihan puing sisa longsoran yang menimpa rumah bapak Mangun.

Kegiatan dipandang perlu karena ada warga yang sedang tertimpa musibah. Untungnya dari kejadian diatas tidak ada kerugian jiwa maupun material yang berarti, hanya gundukan tanah longsoran yang berada di areal rumah bapak Mangun. Nampak keakraban ada disana antar babinsa dengan warga, mereka bergotong royong diselingi canda tawa untuk mengusir rasa lelah.

Selaku babinsa Serda Asrodin berharap agar masyarakat berhati-hati, jika melihat tanda-tanda adanya rekahan tanah yang akan memicu terjadinya longsor. Segera laporkan ke aparat desa, agar dapat berkordinasi dengan yang lain untuk mengantisipasi terjadinya longsor. Ia berharap juga warga yang rumahnya berada tepat dibawah tebing, untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana serupa.

Agar volume bencana tidak kian parah Asrodin berkordinasi dengan aparat desa untuk mengadakan penghijauan. Penanaman bibit kayu diharapkan bisa menyerap air, sehingga jika hujan tidak langsung mengalir. Tetapi dengan penghijauan setidaknya banyak air yang bisa terserap disela akar pepohonan. Disisi lain juga menjaga ketersediaan air pada saat kemarau tiba. Jadi sumber air tidak sampai kekeringan. Terjadinya bencana sebetulnya banyak disebabkan karena ulah manusia itu sendiri (human error).

Peliharalah lingkungan alam kita dan jangan mementingkan kebutuhan sesaat, dengan melakuakan penebangan tanpa diimbangi dengan penanaman kembali. Dengan keadaan ini dihimbau kepada masyarakat agar selalu bersatu padu, jalin kekompakan. Sehingga jika terjadi hal serupa masyarakat dengan suka rela mengadakan gotong royong, yang merupakan tradisi turun temurun menjalin persaudaraan.

Lewat Serda Asrodin ucapan terima kasih dari bapak Mangun kepada warga yang secara sukarela membantu membersihkan tanah longsoran dihalaman rumanya. Jangan lupa kordinasi yang baik dengan semua lini termasuk babinsa, sekecil apapun keluhan warga akan kami tindak lanjuti, pungkas Asrodin.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer