BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bimbingan Pengoperasian Mesin Pertanian Bagi Kelompok Tani
Bimbingan Pengoperasian Mesin Pertanian Bagi Kelompok Tani

Bimbingan Pengoperasian Mesin Pertanian Bagi Kelompok Tani

Banjarharjo, Selasa (03/03/2015) PT. Rutan distributor alat mesin pertanian dari Semarang memberikan bimbingan cara pengoperasian mesin Tomcat CCH sebagai alat pertanian dan alat panen padi (Paddy Reaper) kepada anggota TNI dan kelompok tani digedung Balai Desa Parerejo Kec. Banjarharjo Kab. Brebes. Kegiatan yang dihadiri oleh Ir. M. Furqon Kabid Sarana Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Brebes, Kapten Arm Zaenal Abidin Danramil 14/Banjarharjo, Bapak Wahyu perwakilan dari PT. Rutan distributor mesin pertanian dari Semarang dan ikuti sekitar 75 orang.

“Tomcat CCH adalah alat mesin pertanian yang ditujukan untuk mendukung pencapaian target produksi pangan khususnya beras. Pada kesempatan ini PT. Rutan memberikan bimbingan dan pelatihan cara pengoperasiannya kepada TNI dan kelompok tani di Kecamatan Banjarharjo. Kami dari TNI juga menerjunkan beberapa anggota Babinsa untuk mengikuti pelatihan tentang cara pengoprasian alat pertanian agar nantinya dapat diimplentasikan dilapangan“, ujar Kapten Arm Zaenal Abidin Danramil 14/Banjarharjo.

Setelah pengenalan dan cara pengoperasian mesin oleh Bapak Wahyu dari PT. Rutan dilanjutkan praktek dilapangan. Tujuan penggunaan alat mesin pertanian tersebut adalah mendukung pencapaian target produksi pangan khususnya beras dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petani dalam meningkatkan produksi dalam kuantitas maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien. Sedangkan kelebihan yang ada pada alat ini adalah untuk kapasitas kerja tinggi, hanya membutuhkan tenaga 2-4 orang untuk panen dalam 1 Hektar, biaya panen per Hektar lebih murah dan kehilangan gabah disawah relatif lebih rendah bagi varietas padi yang tidak mudah rontok.  

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer