BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BP4K Kabupaten Tegal Gelar Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian Tepat Guna
BP4K Kabupaten Tegal Gelar Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian Tepat Guna

BP4K Kabupaten Tegal Gelar Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian Tepat Guna

Badan pelaksana penyuluhan pertanian perikanan dan kehutanan (BP4K) Kabupaten Tegal  melakukan sosialisasi aplikasi Hypernano organic mineral melalui kegiatan penyuluhan penerapan teknologi pertanian/perkebunan tepat guna. Kegiatan yang digelar di rumah H.Nurhojin Desa Kreman Kecamatan Warureja, Rabu (22/4).

Kegiatan juga melibatkan langsung Koramil 04/Warureja, UPTD Tanbunhut dan Kantor BP3K Kecamatan Warureja, PPL (petugas penyuluh lapangan) serta gapoktan sumber pangan dan KTNA (kelompok tani nelayan andalan) Desa Kreman.

Kepala Kantror BP4K Kabupaten Tegal  Ir.Tukino menjelaskan, orientasi pengembangan sistem teknologi tepat guna disebabkan karena Luasan lahan untuk pertanian semakin berkurang, harga sewa/beli tanah juga mahal, Penanaman tidak ketergantungan pada musim, Penanaman bisa dilakukan tanpa tanah, Tidak terlalu membutuhkan tenaga kerja yang banyak, sehingga menjamin efisiensi tenaga kerja dan menekan biaya produksi.

Dijelaskan kepala BP3K Kecamatan Warureja Tohir,” Pemberian pupuk organik cair Hypernano sangat besar manfaat dan kegunaannya. Perbedaan postur tanaman antara yang ditambahkan pupuk organik cair dan yang tidak juga akan terlihat sangat mencolok, walaupun di tanam di lahan yang sama.

“Mengingat pentingnya peran pupuk organik cair bagi peningkatan produktivitas hasil panen, maka sebaiknya segera dilakukan. Anda akan melihat perbedaan hasil dari apa yang telah diaplikasikan. Tanaman menjadi lebih segar, pertumbuhan menjadi lebih singkat, dan daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit meningkat,”Jelas Tohir.

Sementara itu Danramil 04/Warureja Kapten Inf Radiyono mengungkapkan, TNI selalu terlibat aktif dalam menyukseskan program pemerintah untuk swasembada pangan yang ditargetkan tiga tahun ke depan.

Ditambahkan Danramil, tugas ini merupakan instruksi Presiden untuk tercapainya swasembada pangan nasional. “Ini sebagai upaya membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, disamping itu ketahanan pangan sangat strategis untuk pertahanan nasional. “Intinya TNI akan selalu siap membantu program pemerintah berswasembada pangan,” Pungkasnya.

“Tugas ini merupakan instruksi Presiden untuk tercapainya swasembada pangan nasional. “Intinya TNI akan selalu siap membantu program pemerintah berswasembada pangan,” Pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer