BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BPBD Kabupaten Tegal Gelar Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana
BPBD Kabupaten Tegal Gelar Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

BPBD Kabupaten Tegal Gelar Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

Seringnya terjadi bencana alam banjir diwilayah Kecamatan Suradadi yg belum lama ini terjadi akibat curah hujan deras dan meluapnya air sungai cacaban yang  melintasi desa Sidoharjo Kec.Suradadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, menggelar sosialisasi pengurangan resiko bencana (PRB) bertempat di Rest Area Jalan raya Pantura KM.11  Desa Sidoharjo Kecamatan Suradadi, Rabu (18/3).

Kegiatan sosialisasi yang digagas BPBD Kabupaten Tegal ini dihadiri dari berbagai komponen, seperti Muspika Suradadi, Koramil 06/Suradadi, PMI Slawi, Search And Rescue (SAR) Galawi Slawi dan perangkat desa serta masyarakat Desa Sidoharjo.

Kepala Plt BPBD Kabupaten Tegal, Drs. Tedjo Kisworo,SH, didampingi Kabid Penangulangan dan Kesiapsiagaan bencana, Suprapto,SE. M.Si mengatakan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan terbangunnya koordinasi bila dikemudian hari terjadi bencana, seperti musibah banjir yang melanda beberapa waktu lalu.

“Sosialisasi ini bertujuan agar terlaksananya penanganan bencana secara efektif dan efisien. juga mengharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta koordinasi antar instansi terkait dan relawan bencana serta pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan dalam penanggulangan bencana, dan sangat diharapkan ada tindak lanjut dari sosialisasi ini, bukan hanya sekedar seremonial belaka. Kegiatan yang terkait bencana daerah,harus ada tindak lanjut yang nyata, karena berbicara bencana berarti berbicara tentang infrastruktur dan keselamatan nyawa manusia,”ungkap Kepala Plt BPBD Kabupaten Tegal.

Ditambahkan Tedjo Kisworo,SH, sebagai daerah yang rawan akan bencana alam, maka sangat penting untuk mempersiapkan masyarakat untuk siaga menghadapi bencana. Sosialisasi juga diharapkan untuk terselenggaranya penanggulangan bencana secara lebih terpaduSebagai koordinator penanggulangan bencana, maka BNPB sangat memerlukan terciptanya sistem penanggulangan bencana yang terstruktur dengan baik, membangun koordinasi antar lini mulai dari lembaga tertinggi hingga masyarakat.

Untuk itulah, sosialisasi diperlukan agar memberi pemahaman kepada seluruh stackholder penanggulangan bencana berdasarkan tahapan penanggulangan bencana, mulai dari pra bencana, tanggap darurat, dan penanggulangan bencana.

Diharapkan, peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut, dapat mensosialisasikan kembali PRB di daerah masing-masing.

Sementara itu, Kabid Penangulangan dan Kesiapsiagaan bencana, Suprapto,SE. M.Si menegaskan, bencana alam adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

“Dengan diadakannya acara ini diharapkan kepada peserta sosialisasi kedepannya terus waspada dan selalu mengingatkan hal hal penanggulangan kepada masyarakat dan Sedini mungkin Mencegah timbulnya bencana yang sering terjadi di Kabupaten Tegal,”Pungkas Suprapto.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer