BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Budaya dan adat istiadat bangsa penangkal budaya negatif
Budaya dan adat istiadat bangsa penangkal budaya negatif

Budaya dan adat istiadat bangsa penangkal budaya negatif

Generasi muda harus mengetahui dan dapat mengamalkan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI karena sebagai generasi muda merupakan penerus pembangunan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0706/Temanggung dalam acara Orientasi Studi dan pengenalan kampus mahasiswa baru STAINU yang mengambil tema Integrasi pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan dalam mencetak generasi pembaharu bangsa yang edukatif humanis dan religius, di Aula STAINU (6/9).

Pemuda sekarang ini dituntut mampu menjadi penangkal budaya asing negatif yang dapat mengikis budaya dan adat asli bangsa Indonesia yaitu dengan cara memahami dan mengamalkan 4 pilar kebangsaan dalam mengisi kemerdekaan.

Sebagai generasi penerus kita harus menjaga adat istiadat dan budaya luhur yang dimiliki bangsa Indonesia, jangan sampai terpecah belah atau disusupi dengan paham-paham radikal yang bertentangan dengan Pancasila.

Akhir-akhir ini, 4 pilar kebangsaan dan budaya kita mulai luntur hal tersebut dapat dilihat dari maraknya tawuran, penggunaan Narkoba, kurangnya sikap toleransi, penonjolan individu atau kelompok daerah, hal tersebut harus disikapi bersama agar generasi muda tidak terjerumus dalam budaya yang negatif.

Presiden Badan Eksukutif mahasiswa Slamet Priyono selaku koordinator kegiatan menjelaskan, STAINU yang memiliki visi, Unggul dalam budaya keilmuan dan keimanan ketakwaan berbasis ahli al-sunah wal-jama’ah.

Sedangkan misi dari STAINU mengembangkan budaya berpikir yg arip rasional kreatif dan inofatif, Mengembangkan studi keilmuan dan keislaman secara komprehensif, Mencetak cendekiawan berakhlakul karimah, Mengembangkan sikap inkusif sesuai karakteristik lokal menuju masyarakat madani dan Mengembangkan kerjasama dangan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi.

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut kami melibatkan Kodim 0706/Temanggung dalam hal ini komandan kodim untuk memberikan materi 4 pilar kebangsaan agar mahasiswa dapat memahami dan mengamalkan 4 pilar kebangsaan tersebut.

Disamping itu, dengan kegiatan ospek yang berlangsung selama 4 hari ini untuk menggembleng mahasiswa baru pada masa transisi, memperkenalkan kampus, agar menjadi seorang mahasiswa yang berkwalitas dan bertanggung jawab, pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer