BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Budi Daya Udang di Sleman
Budi Daya Udang di Sleman

Budi Daya Udang di Sleman

Bertempat di dusun Kumendung,Desa Candibinangaun, Pakem,Kabupaten Sleman, Sabtu (23/5) , Komandan Kodim 0732/Sleman bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ibu Titiek Soeharto, Kadis pertanian dan perikanan Kab. Sleman, Kepala Litbang Kementrian Kelautan dan Perikanan  DIY,menebar 70.000 benih Udang  Galah (G1 Makro II ) di lahan Ugadi yg dijadikan lokasi program percontohan budidaya udang galah bersama tanaman padi jenis lokal Cempo Merah dengan sistem Tajarwo 2:1. dengan luas lahan 7 ribu meter persegi. Budidaya tersebut ditarget bisa menaikkan hasil panen petani.

Menuru Dandim 0732/Sleman Letkol inf Bambang Yudi, S.sos,Budidaya udang galah bersama padi atau ugadi merupakan Program percontohan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Lebih lanjut  Komandan Kodim 0732/Sleman, mengungkapkan program percontohan lebih menguntungkan karena Udang galah dan padi akan dipanen hampir bersamaan dengan masa budidaya selama tiga bulan.”Keuntungan dari mina padi ini petani bisa menghasilkan panen udang dan padi sekaligus.” Sistem pembudidayaan udang galah bersama padi dinilai dapat menghasilkan panen yang lebih banyak. Sementara untuk pertumbuhan ikan meningkat  2 – 3 kali lipat dibanding memelihara ikan di kolam biasa. Di samping itu, serangan hama tikus bisa diminimalisasi karena sawah dikelilingi parit.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer