BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Cegah Penyakit Mematikan, Kodim 0734/Yogyakarta Laksanakan Penyuluhan Kesehatan
Cegah Penyakit Mematikan, Kodim 0734/Yogyakarta Laksanakan Penyuluhan Kesehatan

Cegah Penyakit Mematikan, Kodim 0734/Yogyakarta Laksanakan Penyuluhan Kesehatan

Untuk mencapai tujuan hidup sehat, Kodim 0734/Yogyakarta menggelar kegiatan Penyuluhan Kesehatan dalam hal ini tentang Narkoba, HIV AIDS, Malaria, Jantung, Heatstroke  serta bagaimana pencegahannya di Aula Amarta, Makodim 0734/Yogyakarta. Rabu (15/01).

Penyuluhan tersebut dihadiri oleh dr. Fauziah dari Denkesyah Yogyakarta, Perwira Staf Personel (Kapten Inf Parja), Para Perwira Staf, para Danramil jajara Kodim 0734/Yogyakarta, para anggota Personel Militer dan PNS Kodim 0734/Yogyakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada prajurit dan PNS tentang penyakit Jantung Koroner, Malaria, HIV AIDS dan cara penularannya. Diharapkan dengan penyuluhan ini masyarakat mengerti, dan dapat menghindari pola hidup yang dapat menyebapkan tertular malaria dan HIV AIDS serta terhindar dari kedua penyakit tersebut.

Komandan Kodim 0734/Yogyakarta (Kol Arh Zaenudin, S.H., M.Hum) melalui Pasipers  mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan kesehatan terkhusus tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK) ini, dimaksudkan para prajurit dan PNS bisa  mencegah serta mengantisipasi cara penyebarannya dikalangan Personel Makodim 0734/Yogyakarta serta keluarga, karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bagi mereka yang terjangkit.

“Diharapkan kepada seluruh personel Makodim 0734/Yogyakarta baik militer maupun PNS  agar betul-betul menyimak apa yang disampaikan oleh penyuluh sehingga penyakit tersebut tidak menjangkit dikalangan Personel dan Keluarga.”lanjutnya.

Serbagai narasumber dr. Fauziah mengatakan bahwa kami sangat berterimah kasih kepada Kodim 0734/Yogyakarta terkhusus kepada Bapak Dandim 0734/Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan kepada kami melaksanakan kegiatan penyuluhan ini.  Pada kesempatan ini kami membawakan beberapa materi terkhusus tentang Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia maupun di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada sekitar 26,5 % kematian dari seluruh penyakit yang ada disebabkan penyakit jantung koroner.

Lanjutnya, Penyakit jantung koroner meru­pa­kan suatu kondisi di mana terjadi gang­guan suplai darah dan oksigen ke otot jantung. Penyebab utama gang­guan suplai darah ke otot jan­tung adalah sumbatan plak ateros­klerosis atau plak le­mak pada pem­buluh darah koroner, yaitu pembuluh da­rah yang menyuplai oksigen dan darah ke jantung. Plak lemak yang ter­kumpul dapat menyumbat pembu­luh darah sehingga jantung keku­ra­ngan oksigen dan timbul gejala ge­jala serangan jantung, mulai dari rasa tidak nyaman di da­da hingga nyeri seperti tere­mas di dada.

Namun, seriring wak­tu ter­jadi ke­ru­­sakan pada din­ding pembuluh da­rah akibat eksposur terhadap agen agen kimia seperti rokok, tekanan da­rah yang tinggi, riwayat penyakit gu­la, dan gangguan metabolisme le­mak tu­buh yang dapat menye­babkan gang­guan fungsi dinding pembuluh darah. Lemak akan mudah masuk ke dalam dinding pembuluh darah yang terganggu fungsinya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer