BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Ceramah Wawasan Kebangsaan di SMK N 2 Magelang

Ceramah Wawasan Kebangsaan di SMK N 2 Magelang

Magelang,  Komandan Koramil 23 Magelang Utara Kapten Arm Sudjarwanto menyampaikan ceramah Wawasan Kebangsaan, Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dan sosialisasi penerimaan TNI AD di SMK N 2 Kota Magelang, Selasa (23/3).

Tidak kurang dari 250 orang siswa – siswi, guru dan karyawan SMKN 2 antusias mendengarkan ceramah kebangsaan. Para siswa yang merupakan siswa kelas XII ini diharapkan mengerti dan memahami tentang Bela Negara dan tindakan – tindakannya sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Upaya ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme dikalangan para pemuda. Materi yang diberikan adalah tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta kedisiplinan.

Dewasa ini sangat dirasakan menurunnya rasa kebangsaan dan persatuan. Hal ini terbukti masih seringnya terjadi tawuran antar siswa ataupun tawuran antar sekolah. Diharapkan para siswa mempunyai rasa nasionalisme yang  tinggi serta rasa kebangsaan yang kuat.

Dalam acara ini juga diberikan sosialisasi dan penjelasan tentang tata cara mengikuti seleksi menjadi anggota TNI. Para siswa setelah lulus nantinya yang berminat bisa mendaftarkan menjadi TNI, tanpa mengalami kendala yang berarti.

Esti Zunastiti, salah seorang guru SMKN 2 Kota Magelang mengapresiasi kegiatan ini karena siswa jadi paham tentang TNI, dan merasa terbantu untuk memberi masukan anak – anak yang baru mencari jati diri.
“Kami harap kegiatan ini bisa dilanjutkan diwaktu mendatang” ujar Esti seusai mengikuti ceramah kebangsaan dan sosialisasi.

Sebelum ceramah dimulai dihalaman sekoalh tersebut digelar Mobil Perpustakaan Keliling Kodim 0705/Magelang. Murid – murid yang kebetulan sedang tidak melaksanakan kegiatan belajar  banyak yang menyempatkan diri membaca buku – buku perpustakaan keliling itu.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer