BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dalam Rangka Hut Korem 073/Mkt Ke -54 Kodim Demak Membantu Warga Droping Air Bersih
Dalam Rangka Hut Korem 073/Mkt Ke -54 Kodim Demak Membantu Warga Droping Air Bersih

Dalam Rangka Hut Korem 073/Mkt Ke -54 Kodim Demak Membantu Warga Droping Air Bersih

  1. Kodim 0716/Demak bersama BPBD Kab. Demak pada Jum’at, 28 Agustus 2015 melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial penanggulangan bencana kekeringan dalam  rangka  HUT Korem 073/Makutarama Ke-54 dengan memeberikan bantuan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang kekeringan air bersih di desa Kuncir kec.Wonosalam Kab.Demak.

Tak ubahnya agenda di tahun – tahun sebelumnya, memasuki musim kemarau, selalu diikuti kekeringan di sejumlah desa wilayah Demak. Maka dari itu, Kodim 0716/Demak bekerjasama dengan BPBD untuk mendistribusikan air bersih ke desa-desa di 13 kecamatan di 68 desa di wilayah Kabupaten Demak.termasuk di desa Kuncir Kecamatan Wonosalam.

Kodim 0716/Demak bersama BPBD telah mengirimkan 12 unit mobil tangki air bersih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena adanya kekeringan dan krisis air bersih disejumlah wilayah Kab. Demak. Hal ini juga bisa memicu ancaman dan bencana bahaya kebakaran rumah. Oleh karenanya kalau saat ini krisis air bersih sudah terjadi di sejumlah wilayah Kab. Demak, maka dengan permintaan droping air bersih ke desa-desa yang terdampak bencana kekeringan sudah di mulai dan di lakukan oleh Kodim 0716/Demak Sejak adanya kemarau yang panjang.

Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Inf Nanang T.T Wibisono di dampingi oleh Pasi Ter Kodim 0716, Kapten Arh Jayadi,Kasi penanganan Darurat Suprapto,Camat wonosalam Dra Sri Utami ,Danramil Wonosalam Kapten Inf Rustyanto,anggota Babinsa dan Anggota BPBD,beliu mengatakan saat ini sudah ada 68 desa dari 13 kecamatan yang mengalami krisis air bersih akibat dari kekeringan. Dalam sehari saja ada 2 sampai 3 tangki air dikirim ke desa-desa yang memintanya. Dari 12 unit mobil tangki air yang didropingkan ke setiap kecamatan merupakan langkah yang tepat membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih di setiap desa. Komandan Kodim 0716/Demak juga menyampaikan meskipun sudah banyak air yang di distribusikan pihaknya tetapakan memberikan bantuan kemasyarakat yang membutuhkanya.

“Selanjutnya  kami  bantu  untuk  membuat  permohonan  permintaan  bantuan  air ke BPBD  Demak  kemudian  kami  membantu  merealisasikannya, kemungkinan diwilayah  Kecamatan  Wonosalam masih  ada  beberapa  desa  yang  akan  meminta bantuan air bersih”ungkap Dandim

Plt Kepala Desa Kuncir  Bambang mengatakan  setiap  musim  kemarau  tiba di wilayah Desa Kuncir selalu  mengalami  kekeringan kekurangan air  karena sumber air mengering sehingga warga kesulitan untuk mendapatkanm air bersih.

Dengan  adanya  bantuan  air  bersih  ini  sangat  membantu  warga  karena  untuk mencukupi kebutuhan air bersih harus ketetangga desa sebelah untuk mendapatkan air, bantuan air ini sangat dibutuhkan warga kami berharap bantuan ini berkelanjutan selama musim kemarau, hari ini warga mendapat bantuan air sebanyak 20.000 liter untuk 1200 warga masyarakat.

Menurut warga masyarakat dukuh Tapen, Sumarlan (37th) dia mengeluhkan bahwa pengedropan air bersih ini dalam musim kemarau setiap tahunnya selalu kekurangan untuk itu masyarakat meminta untuk PDAM masuk kewilayah desa Kuncir.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer