BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0705/Magelang Bersama Kepala BPBD Cek Posko Aju Penanggulanan Bencana
Dandim 0705/Magelang Bersama Kepala BPBD Cek Posko Aju Penanggulanan Bencana

Dandim 0705/Magelang Bersama Kepala BPBD Cek Posko Aju Penanggulanan Bencana

Magelang – Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari, S.Sos bersama Kepala BPBD Kabupaten Magelang Drs. Edi Susanto melaksanakan peninjauan ke Posko Aju Siaga Darurat Bencana Banjir, Angin dan Longsor di Salaman, Senin, (16/01).

Dalam kunjungannya, Dandim dan Kepala BPBD mengecek kesiapan personel dan perlengkapan penanggulangan bencana yang disiapkan di Posko Aju.

Setiap harinya, pada Posko Aju petugas selalu siaga selama 24 jam non stop. Petugas jaga terdiri dari TNI Kodim 0705/Magelang, Kepolisian, Satgas BPBD dan relawan.

Dandim menekankan kepada para petugas agar benar benar siap, karena saat ini banyak terjadi bencana di wilayah Kabupaten Magelang.

“Jangan lengah, segera laporkan ke Posko Induk apabila terjadi bencana” pinta Dandim.

Wialayah Kecamatan Kaliangkrik, Windusari, Bandongan, Kajoran, Salaman, Tempuran dan Borobudur merupakan wilayah yang menjadi tanggung jawab Posko Aju Salaman.

Saat ini di Kabupaten Magelang terdapat 1 Posko Induk BPBD dan 3 Posko Aju. Posko Induk berada di komplek kantor BPBD Kabupaten Magelang, sedangkan posko aju ada di Kecamatan Salaman, Kecamatan Salam dan Kecamatan Pakis.

Diharapkan dengan adanya posko aju, maka penanganan terhadap bencana akan lebih cepat dan lebih baik. Sehingga apabila terjadi bencana bisa teratasi dengan cepat dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Di Posko Aju dilengkapi dengan peralatan penanggulangan bencana yang sifatnya ringan. Setiap peralatan akan dioperasionalkan oleh petugas piket / jaga posko, yang setiap saat selalu siaga di posko.
Perlengkapan yang ada di posko aju antara lain generator set, gergaji mesin, lampu darurat, tenda dan lain lain.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer