BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0711/Pemalang Memberikan Materi Wasbang kepada Siswa-Siswi SMAN 1 Pemalang
Dandim 0711/Pemalang Memberikan Materi Wasbang kepada Siswa-Siswi SMAN 1 Pemalang

Dandim 0711/Pemalang Memberikan Materi Wasbang kepada Siswa-Siswi SMAN 1 Pemalang

Kodim 0711/Pml (23/08), Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Abdul Hamid, S.I.P.yang didampingi oleh Pasiopsdim 0711/Pemalang Kapten Arm Eko Budiharjo memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada siswa dan siswi SMAN 1 Pemalang, bertempat di Masjid SMAN 1 Pemalang pada Senin (23/08). Hadir juga pada kesempatan itu Kepsek SMAN 1 Pemalang H. Ayanto Spd Mpd dan para guru pendamping.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMAN 1 Pemalang H. Ayanto, Spd., Mpd. Menyampaikan ucapan selamat datang kepada Komandan Kodim 0711/Pemalang beserta rombongan dan permintaan maaf di mana untuk Aula masih dalam perehapan sehingga untuk pelaksanaan pemberian materi di alihkan di masjid, beliau juga mengucapkan syukur kita akan mendapatkan pelajaran yang sangat bermanfaat untuk itu kepada seluruh siswa untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya.

Mengawali penyampaiannya di depan seluruh siwa dan siswi SMAN 1 Pemalang Dandim 0711/Pemalang membahas tentang peningkatan pemahaman kita tentang wawasan kebangsaan dan bela negera untuk mencapai Ketahanan Negara, kita ini adalah bangsa Indonesia dari sabang sampai Mereoke yang terdiri dari beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan dengan keaneka ragaman itulah merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Lebih lanjut beliau menjelaskan 3 pilar wawasan kebangsaan yaitu Rasa, Paham dan Semangat. Rasa Kebangsaan yaituadalah dorongan emosional yang lahir dalam perasaan dan alam pikiran setiap warga negara untuk selalu bersama dan bersatu. Paham Kebangsaan adalah paham dengan ciri yang membentuk identitas jatidiri dan kepribadian suatu bangsa yaitu Bhineka Tunggal Ika. Semangat Kebangsaan adalah semangat dalam membangun perjuangan hidup bersama sebagai bangsa Indonesia yang mewadahi, memenuhi dan memperjuangkan segala aspirasi dan tujuan hidup.

Dijelaskan juga bahwa Bela Negara tidak identik dengan memanggul senjata atau militerisme, 5 nilai dasar Bela Negara yaitu Cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. Keyakinan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi Negara. Rela berkorban untuk bangsa dan negara. Memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik maupun non fisik. Bela negara adalah sikap dan tindakan warga negara yang didasari oleh kecintaan pada negaranya, untuk melindungi dan mempertahankan negaranya dari berbagai macam ancaman, baik ancaman dari dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri, dan diakhir penjelasannya Dandim 0711/Pml menyampaikan tindakan nyata pelajar dalam usaha bela negara adalah aktif dalam kegiatan OSIS, aktif terlibat dalam kegiatan pramuka dan PMR, Kegiatan dalam kegiatan intrakurikuler di sekolah, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler lainnya, seperti olahraga, kesenian, pencinta alam, kelompok diskusi dan debat, jurnalistik dll, aktif dalam berbagai kegiatan Positif lainnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer