BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0712/Tegal Hadiri Acara Kirab Toa Pe Kong di Klenteng Slawi
Dandim 0712/Tegal Hadiri Acara Kirab Toa Pe Kong di Klenteng Slawi

Dandim 0712/Tegal Hadiri Acara Kirab Toa Pe Kong di Klenteng Slawi

Tegal – kirab Toa Pek Kong Komandan Kodim 0712 Letkol (Inf) Jefson Marisano S SIP membuka perayaan Cap Go Meh. Ribuan warga berbondong-bondong memadati jalan untuk menyaksikan arak-arakan patung dewa yang dilaksanakan Jum’at (6/3) siang kemarin di Klenteng Hok Ie Kiong Slawi.

Perayaan Cap Go Meh harus dilestarikan, terutama kepada para generasi muda Tionghoa. Selain itu bahwa dahulu perayaan Cap Go Meh dan tahun baru Imlek dilarang tapi sekarang sudah diperbolehkan maka manfaatkanlah sebaik mungkin. “Islam mengajarkan toleransi antar umat beragama, jadi harus saling menghargai budaya dan perayaan masing-masing agama,”Katanya. Terkait kedekatan Dandim 0712/Tegal dengan warga Tionghoa diakuinya sangat dekat.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa juga disampaikan ketua Klenteng Hok Ie Kiong, Paulus Tanujaya kepada Komandan Kodim 0712/Tegal  yang peduli dan mau memperhatikan warga Tionghoa.  Setelah dikibarkan bendera merah oleh Ketua panitia, kemudian tandu dikeluarkan dan diangkat oleh Dandim 0712/Tegal bersama warga Tionghoa. Tandu-tandu yang berisi patung para dewa yang mereka hormati kemudian diarak memutar Kota Slawi.

Dalam peryaan tersebut, Klenteng Hok Ie Kiong Slawi melakukan arak-arakan selama 2 hari dimulai Kamis – Jum’at (5-6/ 3). Pengurus Klenteng Paulus Tanujaya sebelumnya mengatakan kegiatan Cap Go Meh yang dilakukan pihaknya secara rutin tiap tahun sebagai budaya yang perlu dilestarikan. Selain sebagai budaya, tradisi arak-arakan juga dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada salah seorang dewa yang telah berjasa terhadap warga kabupaten Tegal. Itulah mengapa setiap perayaan para dewa diarak keliling kota Slawi.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer