BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0712/Tegal Hadiri Panen Padi Serentak
Dandim 0712/Tegal Hadiri Panen Padi Serentak

Dandim 0712/Tegal Hadiri Panen Padi Serentak

Tegal – Bertempat di desa Jatiwangi Kecamatan Pagerbarang, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos menghadiri Panen Raya Serentak bersama Pemkab Tegal, Senin (29/2).

“Panen ini menunjukkan bahwa pemerintah berhasil dalam mengelola sistem dan pola tanam serentak dengan baik di tengah cuaca yang cukup mendukung serta dukungan alat mesin pertanian yang memadai,” kata Dandim.

Jenis padi yang di tanam merupakan varietas unggul yaitu Jenis padi Situbagendit. Bibit padi tersebut didapat dari Program Optimasi Lahan atau upaya khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) serta pupuk dari Dinas Pertanian Kabupaten Tegal.

Panen padi ini serentak dilaksanakan di enam tempat diantaranya Bulak Randu 42 Ha, Bulak Menjangan 30 Ha, Ngudi Sejahtera 43 Ha, Pasuruan 32 Ha, Nguar Ajining Tani 55 Ha dan Dukuh Petung 39 Ha.

Acara panen dimulai pukul 08.00 WIB sampai Pukul 12.00 WIB, hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0712/Tegal, Sekda Kab Tegal, Kadistanbunhut Kab Tegal, Ka BPTP Prop Jateng, Ka KKP Kab Tegal, Pa Staf & Danramil Jajaran Kodim 0712/Tegal, Muspika Kec Pager Barang,Ka UPTD Tanbunhut Kab Tegal dan Ka BP3K Serta Gapoktan & Poktan Se Kec Pager Barang.

Program optimasi lahan harapannya dapat berlanjut di tahun depan serta ada program-program lain untuk kelompok tani sehingga kelompok tani dapat berkembang lebih maju.

Irigasi berdampak pada meningkatnya indeks pertanaman, pengembangan pertanian modern melalui pemberian bantuan alat dan mesin pertanian berdampak mempercepat olah tanam, waktu tanam, panen dan pascapanen, serta efisiensi biaya dan mengurangi kerugian.

Selain itu, katanya, kebijakan lainnya, seperti pola tanam jajar dan benih unggul terbukti meningkatkan produktivitas.

“Dengan demikian tahun 2016 pemerintah optimis bahwa produksi padi akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2015 sehingga tahun ini tak ada impor,” kata Dandim.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer